PEMILU
الثلاثاء، 24 أيلول/سبتمبر 2024

Efek Kopi Bagi Penderita Diabetes

تعطيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجوم
 

Lognews201.com.Jakarta-Kopi, minuman favorit banyak orang orang. Jenis minuman ini selalu berkembang mengikuti jamannya dari kelas kopi di warung pinggiran, Kopi keliling atau starling hingga kopi tongkrongan (Cafe).



Menikmati kopi, pas disegala kondisi apalagi saat rileks untuk pengisi waktu santai dan teman nongkrong, tapi itu bagi pribadi yang sehat mungkin aman aman saja, tahukah anda apakah kopi adalah jenis minuman yang aman bagi penderita salah satu penyakit seperti penderita diabetes, pada dasarnya kopi yang manis dikonsumsi bisa disebut "memakan kopi" karena asupan makanan yang masuk ketubuh kita ada kadar gula dalam darah (glukosa) yang terserap tubuh, punya pengaruh terhadap naiknya kadar gula dalam darah.

Dalam kandungan kopi mengandung banyak bahan kimia yang memiliki efek yang berbeda kepada tubuh, termasuk kafein dan polifenol, polifenol sendiri adalah melekul dengan sifat antioksidan yang dipercaya dapat membantu mencegah berbagai penyakit, termasuk diabetes tipe 2, penyakit jantung dan kanker.


Orang dengan diabetes memiliki resiko diabetes lebih tinggi terkena penyakit jantung dan stroke, dan mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dapat membantu mengurangi resiko ini.


Kopi yang berkualitas biasanya diminum tanpa gula, dan menyehatkan apabila kopi tersebut organik tanpa campuran (sachetan)

Kopi juga mengandung mineral magnesium dan kromium. Meningkatkan asupan magnesium telah di kaitkan tingkat yang lebih rendah dari diabetes tipe 2, namu kopi juga mengandung nutrisi tersebut dalam jumlah kecil dibandingkan dengan makanan lainnya.


Walau begitu pada dasarnya kopi sendiri tidak bisa secara langsung meningkatkan kadar gula dalam darah.Karena itu tidak akan menjadi masalah besar bagi penderita diabetes untuk mengonsumsi kopi hitam.


Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kafein dalam kopi dapat menganggu sensiitas insulin. Hal ini tentu menjadi kabar buruk bagi penderita diabetes. Konon senyawa lain dalam kopi-terutama magnesium, kromium dan polifel juga berperan dalam meningkatkan sensivitas insulin yang dapat mengimbangi efek kafein.


Karena itu beberapa ahli menganjurkan agar penderita diabetes minum kopi tanpa kafein. Untuk mendapatkan komponen seperti antioksidan dan mineral tampa mempengaruhi sensivitas insulin. Namun perlu di ingat penderita diabetes yang meminum kafein sebelum berolahraga akan mengurangi kadar gula daln darah.


Di Laman Healhtline juga melaporkan bahwa mengonsumsi suplemen kafein dapat mengurangi gula dara rendah selama berolah raga pada penderita diabetes tipe 1.Namun para peneliti mengingatkan bahwa ini dapat meningkatkan risiko gula darag terlalu rendah


Dalam batas aman, Food and Drug Administration (FDA) menyarankan kepada kita agar tidak mengonsumsi kafein lebih darj 400 mg kafein atau 4 hingga 5 cangkir kopi sehari.


Walaupun begitu penderita diabetes sebaiknya berkonsultasi kepada dokter untuk menanyakan batasan aman dalam mengonsumsi kafein, Sebab beberapa orang ada yang lebih sensitif terhadap kafein


Sebagai alternatif, Anda juga bisa mengonsumsi kopi tampa kafein agar aman bagi penderita diabetes.Selain itu, menambahkan guka atau krimer ke dalam kopi juga bisa meningkatkan kadar gula dalam darah


(Dunkz)