PEMILU
الثلاثاء، 24 أيلول/سبتمبر 2024

Panduan Tata Cara Lengkap Membuat NPWP Secara Online

تعطيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجوم
 

Lognews201- NPWP Nomor Pokok Wajib Pajak merupakan salah satu dokumen yang wajib kita miliki sebagai warga negara Indonesia yang sudah berpenghasilan.

 

Persamaan, perbedaan KTP dan NPWP keduanya digunakan sebagai identitas diri tapi secara khusus NPWP dipakai saat kita berurusan dengan pelaporan dan pembayaran pajak.

 

NPWP Di dapatkan saat kita mendaftar secara Ofline maupun Online untuk ofline kita datang langsung ke kantor pajak jika mau online saat ini sangat mudah daftar secara Online. 

 

1)Cara daftarnya hanya lewat situs resmi kantor pajak yaitu situs https://ereg.pajak.go.id lalu klik daftar belum punya akun lalu masukan alamat email anda lalu tulis captcha untuk verifikasi yang sesuai baik berupa tulisan maupun angka lalu klik daftar selanjutnya anda akan dikirim balasan inbox ke email anda berupa konfirmasi pendaftaran akun pajak online langsung periksa email kamu lalu klik tautan aktivasi di inbox anda.

Selanjutnya, kamu akan dialihkan pada halaman pengisian formulir. Pilih kategori wajib pajak dan status NPWP yang sesuai.

Pilih NPWP Pusat, jika kamu laki-laki/perempuan lajang.

Pilih NPWP Cabang, jika kamu perempuan yang sudah menikah dan ingin mencabangkan NPWP suami.

2) Isi Formulir Lanjutan

Lengkapi dokumen-dokumen penting sebagai persyaratannya. Unggah semua berkas yang sudah dipindai (scan). Jangan lupa untuk menyesuaikannya dengan klasifikasi status wajib pajak kamu.

 

3) Kirim Berkas Elektronik

Setelah melalui proses pengisian formulir, klik tombol ‘Token’ yang ada pada dasbor. Token tersebut merupakan kode verifikasi yang dikirimkan ke email kamu.

Salin kode token yang ada di email kamu, lalu paste di kolom yang tersedia. Kemudian, tekan tombol ‘Kirim Permohonan’. Maka, berkas kamu akan diproses (tidak butuh waktu yang lama).

Jika disetujui, nantinya kartu NPWP kamu akan dikirimkan ke alamat tempat tinggal yang terdaftar atau diambil di kantor pajak terdekat. (Rizky)