PEMILU
الثلاثاء، 24 أيلول/سبتمبر 2024

Hadapi Cuaca Ekstrim, Dengan Perbanyak Minum Air

تقييم المستخدم: 5 / 5

تفعيل النجومتفعيل النجومتفعيل النجومتفعيل النجومتفعيل النجوم
 

Lognews201.com – Cuaca ekstrim saat ini, yang kadang tiba tiba hujan lebat lalu panas terik dapat berdampak langsung terhadap aktivitas kita sehari hari dan yang paling terpenting adalah terhadap kesehatan kita.

Sangatlah penting bagi kita untuk menjaga kesehatan agar tidak mudah terserang penyakit, salah satu caranya dengan menjaga tubuh kita terhindar dari dehidrasi selain mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi serta rajin berolahraga.

Dehidrasi adalah kondisi ketika cairan tubuh yang hilang lebih banyak daripada yang dikonsumsi. Dan kondisi ini dapat menyebabkan tubuh tidak normal. Seperti kita ketahui bersama tubuh kita memiliki kandungan air sebanyak 55-80% dari total berat badan.

Minum air putih sangatlah penting bagi tubuh terlebih disaat cuaca ekstrim seperti saat ini karena air putih dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh serta dapat meningkatkan energi. Tapi masalahnya adalah kadang kita lupa dikarenakan aktivitas kita yang cukup padat.

Nah bagaimana caranya agar kita tidak lupa minum air putih setiap harinya, berikut tipsnya

  •   Membawa botol air minum

Membawa botol dan meletakkannya tak jauh dari jangkauan kita saat beraktivitas, dapat membantu selalu mengingatkan untuk jangan lupa minum air putih, terlebih aktivitas yang kita jalani setiap harinya dihabiskan dengan duduk didepan komputer atau laptop. Hal ini menyebabkan kita enggan untuk beranjak dari tempat duduk hanya untuk sekedar mengambil air putih.

  • Memasang alarm di handphone

Kita dapat atur alarm di handphone sebagai pengingat untuk minum air putih  dan juga dapat kita sesuaikan dengan aktivitas. Dengan ini kita dapat minum air putih secara rutin tanpa ada rasa malas.

  •  Minum air sebelum dan sesudah makan

Ini merupakan tips sekaligus memotivasi aagar kita tidak malas untuk minum air putih. Minum air putih sebelum makan cocok juga buat kita yang sedang dalam program diet, karena minum air putih sebelum makan dapat membuat kita kenyang lebih cepat.

  • Minum air sebelum dan sesudah bangun tidur

Tidur malam selama 7-9 jam menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi untuk itu sangat dianjurkan untuk minum air putih sesudah bangun tidur. Karena minum air putih apalagi hangat saat perut kosong dapat membantu meningkatkan fungsi kesehatan dan menjauhkan tubuh dari berbagai macam penyakit.

Menerapkan pola hidup sehat merupakan langkah terbaik  agar kita dapat selalu sehat dalam kondisi cuaca ekstrim sekalipun. Semoga bermanfaat. (iws)

.