PEMILU
Thursday, 19 September 2024

Hyundai Bisa Masuk 10 Besar Merek Mobil Terlaris Indonesia Tahun Ini?

User Rating: 3 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar InactiveStar Inactive
 

Hyundai menunjukkan lompatan penjualan pada 2021 di Indonesia dan berakhir tak jauh dari daftar 10 besar merek mobil terlaris. Bagaimana dengan tahun ini?

Performa penjualan retail Hyundai yang ditangani PT. Hyundai Motors Indonesia (HMID) selama Januari-Desember 2021, menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), membawa mereka ke ranking 13 merek mobil paling laku di Tanah Air.

Padahal, pada tahun sebelumnya, mereka masih berada jauh di bawah, tepatnya di peringkat 29.

Sekadar informasi, sejak beberapa tahun terakhir prinsipal merek asal Korea Selatan itu memang turun tangan menangani bisnis di Indonesia melalui HMID.

Tak tanggung-tanggung, mereka langsung menggelontorkan investasi 1,5 miliar dollar AS atau sekitar Rp21 triliun untuk membangun pabrik perakitan mobil di Cikarang, Bekasi yang sudah mulai melakukan produksi pada 17 Januari 2022.

Adapun model mobil pertama yang diproduksi di sana adalah Creta.

Hyundai juga berkolaborasi dengan rekan senegara mereka LG Energy Solution untuk mendirikan pabrik pembuatan sel baterai listrik di Karawang, Jawa Barat. Modal 1,1 miliar dollar AS atau sekitar Rp15 triliun dibagi dua dan pabrik dijadwalkan beraktivitas komersial mulai semester satu 2024.