PEMILU
Tuesday, 24 September 2024

Dosen dan Mahasiswa ITB Menyelenggarakan Ujian Mata Kuliah dengan Konsep Cosplay dan Parade

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Lognews.co.id - Baru-baru ini, mahasiswa dari jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Teknologi Bandung (ITB) telah mengadakan ujian akhir semester (UAS) yang unik dengan menggunakan konsep cosplay dan parade. Hal ini juga melibatkan dosen-dosen dalam aksi cosplay tersebut. Gambar-gambar menarik dari kegiatan tersebut diunggah oleh akun Twitter @kayseraphine pada Senin, 22 Mei 2023.

Pada ujian mata kuliah Psikologi Komunikasi, mahasiswa DKV ITB memutuskan untuk mengenakan kostum cosplay. Selama UAS ini, para mahasiswa juga diminta untuk melakukan "parade" di sekitar kampus ITB. Mereka berinteraksi dengan mahasiswa dan warga ITB lainnya, menyapa, berkenalan, serta bertanya tentang kesan mereka terhadap ujian ini. Hasil dari kegiatan tersebut nantinya akan disampaikan dalam bentuk laporan yang berisi foto cosplay, tanggapan dari orang-orang yang mereka temui, serta kesan dan pesan dari para mahasiswa mengenai UAS dan mata kuliah Psikologi Komunikasi.

Source Foto Twitter @kayseraphine

Cosplay, yang merupakan kombinasi dari kata "kostum" dan "main" dalam bahasa Jepang, sebelumnya lebih dikenal dengan istilah wasei-eigo. Pada momen parade ini, mahasiswa DKV ITB angkatan 2021, seperti Kayla Seraphine Setiadipura, telah mengabadikan momen tersebut dan membagikannya melalui akun Twitter-nya. Dalam parade ini, tidak hanya mahasiswa saja yang berpartisipasi, tetapi juga dosen seperti Dra Ifa Safira Mustikadara, MSi, yang tampil sebagai Maleficent dalam cerita Sleeping Beauty.

 

Unggahan ini menjadi viral dan menarik perhatian warganet, dengan banyak komentar yang memuji keceriaan dan keunikan UAS yang dilakukan oleh para mahasiswa ITB. (Rifai)