PEMILU
Thursday, 19 September 2024

Direktur PKBM, Dengan Belajar Memunculkan 5 C Ruh Manusia

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

lognews.co.id, Indramayu. Direktur Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Ma’had Al Zaytun, DR. Ali Aminullah, S.Ag., M.Pd., M.E. dalam kelulusan PKBM Rabu, (4/7/2024), melalui acara “Selametan Kelulusan PKBM Tahun Ajaran 2023/2024” menyampaikan pentingnya Pembelajaran untuk mengubah kehidupan juga mengubah cara pandang terhadap masalah bahkan lebih harmonis dalam lingkup keluarga.

“hasil belajar itu harus ada yang namanya perubahan sikap” ujar Ustadz Ali.

Dalam pesannya kepada pengurus PKBM Al Zaytun, Ustadz Ali mengajak untuk solid kemudian berorientasi kepada tujuan pendidikan Al Zaytun bahwa kegiatan pendidikan kesetaraan ini bukan formalitas tetapi merupakan kegiatan pendidikan yang substansial artinya melalui kegiatan pendidikan kesetaraan ini betul-betul tercapai apa yang menjadi cita-cita Al Zaytun, sebagaimana yang sudah dicanangkan di dalam moto Al Zaytun yaitu pusat pendidikan pengembangan budaya toleransi dan perdamaian menuju masyarakat Sehat cerdas dan manusiawi

Pembelajaran yang dilakukan di Al Zaytun, menerapkan wajib belajar 18 tahun, untuk itu PKBM  Al Zaytun paket A, B, dan C menjadi peluang bagi civitas Al Zaytun dan warga masyarakat secara luas untuk tetap memenuhi haknya untuk belajar, mendapat kesejahteraan dan mampu mengembangkan pemikirannya.

Dihadapan Warga Belajar (WB) sebutan dari pelajar di PKBM, dalam sambutannya menyampaikan dengan belajar, dapat memunculkan perubahan 5 C pada diri WB, disebutkan yang pertama yaitu Criticle Thinking, yaitu sebuah perubahan dalam memahami kondisi dan bagaimana untuk bersikap menjadi yang lebih baik.

Kedua adalah Creative, hal ini akan muncul ketika kita dihadapkan kepada persoalan yang membutuhkan solusi.

Kemudian Colaboration, dicontohkan dalam shalat yang kita lakukan, diibaratkan dengan hitungan berapa pahala jika dilakukan sendiri dibanding dilakukan dengan berjamaah, maka akan berbeda.

Keempat adalah Communicative, bagaimana dalam setiap persoalanpun kita harus memiliki teman bicara untuk berkomunikasi, karena bisa jadi jawaban persoalan itu ada ketika kita berkomunikasi atau berdiskusi.

Terakhir adalah good Character, maka dari semua itu tersimpul karakter baik atau “good character” pada ruh kita, semua bila itu kita pahami dengan tepat, benar dan konsisten tandasnya.

lognews pkbm wb

Salah satu WB dari paket A, menerangkan perubahan yang dirinya dapatkan mampu mengubah hidupnya dari tidak berdaya menjadi mensyukuri apa yang sekarang didapatkannya.

“ Alhamdulillah, terimakasih banyak kepada kawan kawan semua, yang telah memberi dukungankepada saya, sehingga saya sekarang berada disini, bisa mengikuti dalam acara ini, padahal sebelumnya jangankan untuk sekolah, untuk aktivitas diri sendiri aja, butuh bantuan orang lain, terimakasih pada semuanya, saya mengikuti PKBM alhamdulillah, keadaan saya menjadi lebih baik” ujarnya.

WhatsApp Image 2024 07 04 at 19.14.45

Acara selametan atas kelulusan WB ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Ustadz Ali dan Ustadz Hartono untuk kemudian dilakukan makan tumpeng bersama dibarengi penampilan kreasi WB PKBM Al Zaytun dari kelas Paket A1, menampilkan puisi berjudul tutor pilihanku, dan qosidah berjudul Jasa Guru, dan Paket A2, Puisi berjudul maha guru serta tarian cindai.

Kemudian Paket B mementaskan HYMNE guru dan tarian atraktif berjudul ikan dalam kolam, dilanjutkan dengan penampilan drama musical malin kundang dan tarian menunggu bus sekolah disertai puisi.

WhatsApp Image 2024 07 04 at 19.14.46

Perubahan sikap dan kelembutan tutur terdengar saat para WB diberikan kesempatan untuk memberikan kesan dan pesan didepan seluruh pengurus PKBM, kawan kawan WB dan tutor PKBM, sesuai dengan motto yang ada di Al Zaytun Sehat, Cerdas, dan Manusiawi.

Kegembiraan, dan keramahan diantara WB menggambarkan kegigihan mereka didunia pendidikan untuk saling meguatkan antar kawan agar terus berlanjut menimba ilmu tanpa batas usia.

Melihat perubahan para WB, Ustadz Ali mengatakan bahwa acara selametan kelulusan PKBM bisa diberitakan dan diberi judul kegiatan pasca sarjana, dengan alasan penampilan, “performance” dan segala peingkatan karakter yang disuguhkan sudah selayaknya seperti dalam forum pasca sarjana.

Dalam penutupan giat kelulusan PKBM ini, Direktur PKBM, Ustadz Ali berkenan bernyanyi bersama dengan WB PKBM sebagai tanda naik ketingkat selanjutnya dan mendoakan sukses untuk WB maupun para tutor dan pengurus PKBM Al Zaytun. Walhamdulillah. (Amr-untuk Indonesia)