PEMILU
Saturday, 21 September 2024

Ajang Kreativitas Anak Raudlatul Athfal tingkat Kemenag Kabupaten Semarang, Kecamatan Ambarawa Borong Piala

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

lognews.co.id, Ungaran - Dalam rangka meningkatkan kemampuan dibidang seni olahraga, dan Agama, IGRA (Ikatan Guru Riudlotul Athfal) menggelar AKIRA (Ajang Kreativitas Anak Raudlatul Athfal ) untuk menyalurkan bakat, minat, pengetahuan dan keterampilan dalam rangkaian kegiatan yang menyenangkan, mandiri, sportif, inovatif dari para guru dan siswa RA di Kabupaten Semarang. (18/5/2024)

Ketua panitia AKIRA Winar Suci Rahayu,S.Pd.I mengatakan adanya AKIRA (Ajang Kreativitas Anak Raudlatul Athfal ) menjadi pembeda sekaligus keunggulan dalam memproses mempersiapkan anak didik yang lebih baik.

"Harapan saya dengan di adakannya AKIRA akan mampu memberikan imbas yang positif bagi guru dan siswa serta mampu meningkatkan daya kreativitas sikap inovatif sehingga menjadikan lembaga RA lebih maju, guru dan siswa tidak kalah dengan anak usia dini yang lain" ujar Suci di Aula Kemenag Kabupaten Semarang. (18/5/2024).

Ajang lomba AKIRA yang digelar meliputi lomba sholat,membaca Alqur'an menggambar, senam,dan naik egrang. Juara Umum AKIRA diraih oleh RA kecamatan Ambarawa, karena Kecamatan Ambarawa mendominasi perolehan mendali juara.

Menjadi juara 1 lomba solat diraih oleh Kec Ungaran Barat, juara 2 Kec Pabelan, dan Juara 3 Bawen.

Kemudian lomba tilawah Al-Quran menjadi juara 1 diraih Kec Tengaran, juara 2 Kec Suruh, juara 3 Kec Ambarawa.

Selanjutnya lomba Menggambar juara 1 di raih oleh Kec Ungaran Timur, juara 2 Ungaran Barat, juara 3 Kec Ambaraw.

Sedangkan pemenang lomba nembang Jawa, juara 1 di raih Kec Ambarawa, juara 2 Kec Ungaran Timur, Juara 3 Kec Bergas.

Dan terakhir, pada lomba Egrang juara 1 di raih oleh Kec Bergas, juara 2 Kec Susukan, juara 3 Kec Susukan.

Pengawas Madrasah di kec ungaran Barat dan kec Ambarawa, Mochamad Arifin,S.Ag, M.Pd.I merasa bangga karena RA dibawah pembinaan dan pengawasan nya meraih juara umum diajang lomba AKiRA. " Saya selaku pengawas Madrasah memiliki harapan semoga RA semakin dikenal oleh masyarakat sehingga dari tahun Ketahun muridnya bertambah dan berkembang pesat " Harap Arifin.

Arifin selaku pengawas Madrasah mengungkapkan sangat terharu dan senang Karena dengan diadakan lomba peserta didik akan berkembang sesuai bakatnya sebagai media dakwah sebagai ajang silaturahmi antara guru orang tua dan siswa.

Guru pendamping lomba dari RA Hidayatul Muttaqin Kaliulo, Desa Klepu, Kec Pringapus Siti Masamah,S.H merasa bangga dan senang dengan adanya lomba AKIRA walaupun anak didiknya baru mampu meraih juara harapan 1 dilomba menggambar mewakili Kec Pringapus.

Peserta lomba berpesan kepada panitia, diajang lomba AKIRA tahun 2025 supaya ada variasi baru tentang cabang-cabang lomba sehingga guru lebih semangat mengajarkan sesuatu yang baru sesuai bakat dan minat anak.

Ketua IGRA Kab Semarang Hj. Siti Isnainiyati, S. Pd. I mengatakan bahwa ajang AKIRA dilaksanakan setiap tahun untuk memperkenalkan potensi dan kualitas Guru dan siswa, sehingga lembaga RA menjadi pilihan masyarakat. Lomba tiap tahunnya akan kita buat bervariasi sesuai harapan guru dan siswa sehingga akan semakin menggali kemampuan setiap lembaga RA untuk bersaing positif menjadi yang terbaik", ujar Isnainiyati. ( Endar untuk Semarang)