PEMILU
Sunday, 22 September 2024

Sebagian Benua Eropa Mengalami Kekeringan

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Lognews201.com,  Menurut Komisi Eropa, kekeringan saat ini bisa menjadi yang terburuk " selama 500 tahun" terakhir.

Sebuah analisa terbaru yang diterbitkan oleh Joint Research Center (JRC) pada Selasa, 23 Agustus 2022, mengungkap Benua Eropa tampaknya sedang mengalami kekeringan terburuk dalam lima abad. Komisi Eropa pun memperingatkan hal ini.

Banyak kawasan sekarang memberlakukan siaga darurat kekeringan atau peringatan kekeringan Bencana kekeringan membuat produksi listrik tenaga air di Eropa turun 20%.

Dalam laporan Drought in Europe August 2022, JRC menyatakan Eropa sudah mengalami kekeringan sejak awal tahun, dan kondisinya terus memburuk hingga bulan ini.

Ketinggian air terus turun memaksa kapal-kapal mengurangi muatan mereka di jalur air utama seperti di sungai Rhein. Berkurangnya volume air juga berdampak buruk pada sektor energi, baik untuk pembangkit listrik tenaga air maupun pembangkit listrik lain yang menggunakan air sungai untuk sistem pendinginannya.

Kekeringan diperkirakan bakal berdampak pada sektor pertanian. Jika dibandingkan dengan rata-rata lima tahun sebelumnya, JRC memprediksi panen bulir jagung Uni Eropa tahun ini bakal turun 16%, kedelai turun 15%, dan bunga matahari turun 12%.   (Amr)