PEMILU
Friday, 27 September 2024

Puluhan WNI Korban TPPO Disekap di Myanmar Oleh Orang Bersenjata

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Lognews.co.id, Red - 20 warga negara Indonesia (WNI) yang diduga disekap di Myawaddy, Myanmar, mulai dari naik kapal dijaga orang bersenjata hingga disetrum kala bekerja.

Rosa, saudara salah satu korban penyekapan bernama Novi, mengatakan kerabatnya sebenarnya mulai merasakan hal-hal mencurigakan sejak tiba di Bangkok, Thailand, tempat ia dijanjikan bekerja.

Rosa mengatakan Novi dan rombongannya dijemput menggunakan mobil van berkaca gelap dan diawasi oleh sejumlah orang.

Menurutnya, Novi merupakan korban tindakan pidana perdagangan orang (TPPO) dan sudah disekap di Myawaddy sejak 23 April lalu. Novi disekap karena tak mau menjadi penipu atau scammer.

Novi diduga dipaksa oleh perusahaan tempatnya bekerja untuk menjadi scammer. Ia diminta melakukan sejumlah modus penipuan untuk menjaring para korbannya berinvestasi bodong.

Rosa lantas meminta bantuan pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri RI, Kedutaan Besar RI (KBRI) Yangon, dan KBRI Bangkok untuk menyelamatkan Novi dan para WNI lain.

Rosa menyebut Novi tak bisa mengidentifikasi orang-orang bersenjata tersebut lantaran tak mengenakan seragam resmi. Namun, dia menduga mereka adalah orang Myanmar karena Novi kini berada di negara itu.

"Di sini tuh udah sangat-sangat mencurigakan karena ya mereka enggak tahu ya pada saat itu bahwa sungai itu tuh sebetulnya sudah jadi perbatasan antara Thailand dan Myanmar," tutur Rosa.

(Camellianfa)