PEMILU
Thursday, 19 September 2024

Doa Peringatan Isra Miraj: Arab, Latin, Dan Maknanya

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

lognews.co.id - Isra Miraj merupakan peristiwa spiritual yang sangat penting dalam agama Islam.

Isra adalah perjalanan malam Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Yerusalem, sedangkan Miraj adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Aqsa ke langit-langit yang lebih tinggi.

Dalam perjalanan Isra dan Miraj, Nabi Muhammad SAW menerima wahyu dan bertemu dengan para nabi serta menerima perintah shalat lima waktu.

Peristiwa perjalanan Rasullullah SAW di malam Isra Miraj, juga dijelaskan oleh Allah SWT dalam (Q.S Al-Isra: 1):

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

Subhaanalladzii asraa bi'abdihi lailan minal masjidil haraami ilal masjidil aqshalladzii baarakna haulahu linuriyahu min ayaatinaa, innahu huwassamii'ul bashiir.

Artinya: "Maha Suci Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsha yang telah Kami berkati sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sungguh Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui." (QS. Al-Isra: 1).

Peristiwa Isra Miraj memiliki beberapa hikmah dan pelajaran penting bagi umat Islam, antara lain:

1.Kebesaran Allah: Isra Miraj menunjukkan kebesaran Allah SWT yang mampu mengangkat hamba-Nya ke langit-langit yang lebih tinggi dan memberikan wahyu kepada Nabi Muhammad SAW.

2.Kewajiban Shalat: Dalam peristiwa Isra Miraj, Allah mewajibkan umat Islam untuk melaksanakan shalat lima waktu setiap hari.

3.Keteguhan Iman: Perjalanan Isra Miraj menjadi bukti keteguhan iman Nabi Muhammad SAW dalam menghadapi cobaan dan ujian yang diberikan Allah SWT.

4.Kepedulian terhadap Masjidil Aqsa: Isra Miraj juga menunjukkan pentingnya Masjidil Aqsa dalam Islam sebagai salah satu tempat ibadah yang mulia.

 

Doa Pembuka dan Penutup Acara Isra Miraj:

Doa pembuka dan penutup acara Isra Miraj dapat digunakan sebagai ungkapan syukur dan permohonan kepada Allah SWT. Berikut penjelasan singkat mengenai doa pembuka dan penutup acara Isra Miraj beserta artinya:

1.Doa Pembuka (Bismillah):

Bahasa Arab: بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَـٰنِ الرَّحِيمِ

Bahasa Latin: Bismillahirrahmanirrahim.

Artinya: Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Doa pembuka ini menyatakan niat kita untuk memulai acara Isra Miraj dengan mengharap berkah dan rahmat dari Allah SWT.

 

2.Doa untuk Peringatan Isra Miraj:

يَا اللهُ الرَّحْمَٰنُ الرَّحِيْمُ، يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ، يَا ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ، اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ، وَبَارِكْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُ الرَّاحِمِينَ، اللهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ بِأَسْمَائِكَ الْحُسْنَى وَصِفَاتِكَ الْعُلَى أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنَّا دُعَاءَنَا هَذَا وَتَجْعَلَهُ فِي مِيزَانِ حَسَنَاتِنَا يَوْمَ لَا يَنْفَعُ مَالٌ وَلَا بَنُونَ، اللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ وَالْمُعَافَاةَ الدَّائِمَةَ فِي الدِّينِ وَالدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ، اللَّهُمَّ يَا حَنَّانُ يَا مَنَّانُ يَا بَدَّاحُ يَا بَدِيعُ يَا اللَّهُ يَا كَافِي يَا مُعَافِي يَا مُعَافِي يَا غَفُورُ يَا وَدُودُ يَا رَحِيمُ يَا رَحْمَنُ يَا سَمِيعُ يَا قَرِيبُ يَا حَكِيمُ يَا عَلِيمُ يَا لَطِيفُ يَا خَبِيرُ يَا شَكُورُ يَا غَنِيُّ يَا مُغْنِي يَا مَنِّي يَا مَنَّانُ يَا رَزَّاقُ يَا مُعْطِي يَا وَاسِعُ يَا كَرِيمُ، أَنْ تُسَلِّمَ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ تَسْلِيمًا كَثِيرًا، وَتُبَارِكَ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ فِي الْأَوَّلِينَ وَالْآخِرِينَ، وَتُثِبَّتَهُمْ فِي الْقَوْلِ وَالْعَمَلِ وَالْنِّيَّةِ وَالطِّاعَةِ وَالْإِخْلَاصِ لَكَ وَحْدَكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِينَ.

Artinya:

"Wahai Allah, Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang, Wahai yang Mahahidup dan Mahakekal, Wahai Pemilik keagungan dan kemuliaan. Ya Allah, limpahkanlah salam dan berkah kepada junjungan kami Nabi Muhammad yang tidak berpenyakit dan keluarganya. Berikanlah keberkahan dan rahmat-Mu, karena Engkau adalah sebaik-baik yang memberi rahmat. Ya Allah, sesungguhnya kami memohon kepada-Mu dengan menyebut nama-nama-Mu yang indah dan sifat-sifat-Mu yang tinggi, terimalah doa kami ini dan jadikanlah dalam timbangan amal kebaikan kami di hari yang tak ada manfaatnya harta dan anak, ya Allah, kami memohon ampunan, keselamatan, dan perlindungan yang terus-menerus dalam urusan agama, dunia, dan akhirat. Ya Allah, wahai Maha Penyayang, wahai Pemberi Kesejahteraan yang terus-menerus, kami memohon agar Engkau menerima doa kami ini dan menjadikannya dalam timbangan kebaikan kami di hari pembalasan. Ya Allah, kami mohon keampunan dan kesehatan yang kekal dalam agama, dunia, dan akhirat. Ya Allah, wahai Pemberi Kesejahteraan yang terus-menerus, wahai Pemberi Keselamatan yang terus-menerus, wahai Yang Maha Penyembuh yang terus-menerus, wahai Maha Pengasih, wahai Maha Penyayang, wahai Maha Mendengar, wahai Yang Maha Dekat, wahai Maha Bijaksana, wahai Maha Mengetahui, wahai Yang Maha Lembut, wahai Yang Maha Tahu, wahai Yang Maha Mensyukuri, wahai Yang Maha Kaya, wahai Yang Maha Mencukupi, wahai Yang Maha Pemberi, wahai Yang Maha Luas, wahai Yang Maha Mulia, agar Engkau memberikan salam kepada junjungan kami Muhammad dan keluarganya, limpahkanlah salam yang banyak, dan berkahilah junjungan kami Muhammad dan keluarganya. Berkatilah mereka pada masa dahulu dan pada masa yang akan datang, tetapkanlah mereka dalam perkataan, perbuatan, niat, ketaatan, dan keikhlasan hanya untuk-Mu, ya Tuhan yang Maha Penyayang."

 

3.Doa Penutup:

•Bahasa Arab: اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَسْرَىٰ بِعَبْدِهِ لَيْلًا مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الْأَقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا ۚ إِنَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

•Bahasa Latin: Alhamdulillahilladzi asra bi'abdihi lailam minal masjidil harami ilal masjidil aqshal ladzi baarakna haulahu linuriyah min ayatina innahu huwas sami'ul bashiir.

•Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya, agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat. Doa penutup ini mengungkapkan rasa syukur atas nikmat Isra Miraj yang diberikan oleh Allah SWT dan memohon agar kita senantiasa di bawah perlindungan-Nya.

Demikianlah doa yang dapat diucapkan pada perayaan Isra Miraj, semoga diberkahi dan diterima oleh Allah SWT. (Nia untuk Indonesia)