PEMILU
Friday, 20 September 2024

Mengenal Jenis Ular Terbesar di DuniaMengenal Jenis Ular Terbesar di Dunia

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

lognews.co.id, Bekasi – Ular adalah hewan yang termasuk kedalam golongan Reptil kelompok anggota Squamata. Ular sendiri memiliki ukuran yang berbeda-beda, mulai dari yang kecil hingga yang sangat besar, hewan karnivora ini memiliki berbagai macam jenis.

Secara umum ular hidupnya dekat dengan air, sering sekali ditemukan di dalam air atau di sekitaran sungai. 

Anaconda hijau dengan nama lain Eynectes Murinus, menjadi jenis ular terbesar di dunia, Panjang ular betina anaconda mencapai 9.7 meter dan berat bisa lebih dari 249 kg.

Sedangkan jantannya memiliki panjang mencapai 6 meter dengan berat bisa lebih dari 106 kg.

Jadi, ukuran betina lebih besar dari jantannya maka tak heran anaconda hijau dikenal sebagai ular terbesar didunia. Anaconda hijau hanya bisa di temukan di Afrika Selatan, ular ini aktif di malam hari. Mereka memiliki tingkat metabolsme yang rendah dan bisa bertahan hidup tanpa makan yang sangat lama. 

Anaconda menghabiskan waktunya di sekitar perairan, jarang naik kedarat. Namun ular ini sering memanjat pohon untuk mencari mangsanya. Biasanya mereka memakan katak, ikan, burung, hewan-hewan mamalia dan reptilian. 

Anaconda berkembang biak dengan bertelur beranak (ovovivipar), dimana embrio hewan ini berkembang didalam telur yang masih berada di dalam tubuh induknya dan setelah cukup umur, anak hewan menetas dan keluar dari tubuh induknya seperti melahirkan. Anaconda tidak memiliki bisa, mereka akan melingkarkan tubuh pada mangsanya, ular ini menelan mangsanya dengan utuh walaupun mangsanya berukuran besar. (anssol)