PEMILU
الجمعة، 20 أيلول/سبتمبر 2024

Bahaya Makanan Serba Instan Untuk Sahur

تعطيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجوم
 

lognews.co.id – untuk kuat menjalankan ibadah puasa selama satu hari penuh, tidak dianjurkan untuk melewatkan sahur.

Sebab dalam sahur ada asupan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh agar tetap sehat dan kuat, asalkan tidak salah memilih menu sahur.

Untuk itu adakalanya kita menurangi atau menghindari memakan makanan instan terlalu sering, seperti ;

1. Mie Instan

Terlalu banyak mie instan berlebihan akan memicu obesitas, tak hanya itu tetapi bisa menyebabkan metabolik seperti penyakit diabetes, tekanan darah tinggi, hipertensi, dan penyakit jantung.

Karena mie instan tergolong lemah kalori, rendah serat dan rendah protein.

2. Frozen Food

Kandungan sodium yang banyak pada Frozen Food, dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, dapat memicu terjadinya penyakit jantung dan stroke. Dilansir dari American Diabetes Association mencatat komposisi utama dari makan beku ini adalah pati yang pada dasarnya polimer (rantai glukosa) sehingga jika berlebihan bisa menyebabkan diabetes.

3. Sarden

Berisikan ikan hering atau jenis ikan salmon, memiliki nutrisi 109 kal. Selain itu kaleng yang digunakan bisa menyebabkan racun dapat berimigrasi ke makanan. Dalam studi CEH pada 2017, 38% kaleng yang diuji menggunakan BPA, dan 19% lainnya mengandung PVC beracun di lapisannya, yang kemungkinan dapat menyebabkan gangguan reproduksi, kerusakan genetik dan kemungkinan meningkatkan risiko kanker payudara.

Jadi, kita perlu berhati-hati dan pintar dalam memilih menu makanan untuk sahur, sehingga ibadah puasa kita bisa lancar.

Apapun makanannya apabila tidak diselingi dengan makanan sehat yang beragam akan menimbulkan dampak buruk berupa kekurangan atau kelebihan zat tertentu yang dibutuhkan tubuh.

Beberapa tip, Jika ingin membeli makanan beku, pilihlah makanan beku yang memiliki kalori kurang dari 500 kal dan natrium kurang dari 600 mg, biasanya terdapat keterangan nilai kalori dibalik kemasan.

Lalu jika ingin mengkonsumsi mie instan bisa membuang air rebusan pertama yang keruh, diganti dengan air panas yang direbus terpisah dari miem dan tambahkan sayuran daun cesim, brokoli, wortel, atau sayuran lain.  atau bisa ditambah dengan telur maupun ayam sebagai pelengkap gizi saat menyantap mie instan. namun harsus diingat, konsumsi mie berlebihan bisa menyebabkan kanker.  (Amr-untuk Indonesia)