PEMILU
Thursday, 19 September 2024

Puluhan Ribu, Pekerja Buruh dan Tani Mendominasi Terpapar TBC

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

lognews.co.id – Masih banyak masyarakat di Indonesia yang terkena penyakit tuberculosis atau lebih dikenal dengan TBC.

Buruh dan petani mendominasi pasien TBC di Indonesia. Diantara keduanya sebanyak 54.800 buruh dan 51.900 petani yang terpapar TBC dengan rata-rata usia 45-54 tahun di tahun 2022.

Hal itu disampaikan oleh Imran Pambudi Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Kementeriah Kesehatan.Salah satu penyebabnya, rendahnya pengetahuan tentang penyakit menular.

Kondisi ini menjadi tantangan tersendiri. Karena TBC adalah penyakit yang menular, penangannya harus cepat di lakukan demi mencegah penularan. Rendahnya pengetahuan terhadap TBC ini membuat sulit untuk menjalani pengobatan.

TBC sendiri merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Umumnya TBC menyerang paru-paru tapi juga bisa menyerang ke semua oragn tubuh. Orang dengan imunitas tubuh yang rendah beresiko lebih tinggu untuk kena. Misalnya mereka yang  memiliki penyakit seperti Diabetes, HIV/AIDS dan penyakit lainnya.

Orang perokok juga beresiko terkena TBC.“Level edukasi itu sangat berpengaruh pada keberhasilan pengobatan TBC” kata Imran dalam diskusi di peringatan hari Tuberkolosis sedunia di Jakarta pada Jumat (17/3/2023).