PEMILU
Sunday, 22 September 2024

Indonesia Akan Mengumumkan Status Covid-19 Memasuki Fase Endemi, Pencabutan Status Pandemi Dilakukan Secepatnya

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

lognews.co.id, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan bahwa Indonesia dalam beberapa pekan ke depan akan mengumumkan status Covid-19 memasuki fase endemi. Hal ini didasarkan pada penurunan konsisten jumlah kasus dan pasien Covid-19 yang memerlukan perawatan termasuk isolasi.

Pada sebuah konferensi pers di Kantor BPKP, Jakarta, pada Rabu (14/6), Jokowi mengumumkan keputusan tersebut setelah pemerintah menggelar rapat mengenai pandemi Covid-19. Meskipun demikian, masih ada beberapa kajian yang harus diselesaikan sebelum pengumuman resmi.

Jokowi menekankan pentingnya memberikan perincian mengenai jumlah kasus aktif Covid-19 serta mencatat pencapaian dalam program vaksinasi. Walaupun ia belum memastikan tanggal pasti pengumuman akan dilakukan, Jokowi menegaskan bahwa keputusan akan diambil secepatnya.

"Ini masih perlu dimatangkan dalam seminggu-dua minggu dan akan segera diumumkan karena semua sudah siap. Insya Allah, akhir bulan ini," ujar Jokowi.

Rapat yang membahas status pandemi Covid-19 telah diadakan sebelumnya di istana dan dihadiri oleh sejumlah menteri. Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, menyatakan bahwa pemerintah telah mengevaluasi beberapa aspek terkait pandemi dan keputusan akhir berada di tangan Jokowi.

 

Indonesia telah mengalami pandemi Covid-19 sejak Maret 2020, ketika ditemukan dua kasus pertama di Jakarta. Sejak saat itu, berbagai pembatasan sosial diberlakukan. Meskipun pembatasan tersebut telah dilonggarkan pada Desember 2022, status pandemi Covid-19 masih berlaku di Indonesia. (rifAI)