PEMILU
Sunday, 22 September 2024

16.990 ASN dan TNI/Polri Akan Dipindahkan ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada Tahap Pertama 2024

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

lognews.co.id, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Abdullah Azwar Anas, mengumumkan bahwa sebanyak 16.990 Aparatur Sipil Negara (ASN) dan personel TNI/Polri akan dipindahkan tugasnya ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Jumlah ini terdiri dari 11.274 ASN dan 5.716 personel TNI/Polri yang berasal dari 40 kementerian dan lembaga yang ada di IKN. Pemindahan tugas ini merupakan tahap pertama yang direncanakan akan dilaksanakan pada tahun 2024.

Menpan RB Anas berharap kehadiran ASN dapat mendukung kegiatan pemerintah dan pelayanan publik di IKN. Ia menyatakan, "Progres pembangunan (IKN Nusantara) berjalan baik dan luar biasa. Tentunya ini diharapkan dapat menunjang target pemerintah untuk pemindahan ibu kota serta kepindahan ASN, TNI, Polri tahap awal pada 2024 nanti," setelah mengunjungi IKN pekan lalu.

Deputi Bidang Pengendalian Pembangunan Otorita IKN Nusantara, Thomas Umbu Pati Tena Bolodadi, menjelaskan bahwa pembangunan IKN saat ini telah mencapai 29,27 persen. Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengungkapkan bahwa pada tahap awal, pemerintah akan segera membangun 47 tower rumah susun untuk rumah dinas ASN dan TNI/Polri. Pembangunan hunian ini akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 9,4 triliun dan akan dimulai pada tahun 2023.

 

Menurut Menteri PUPR, pembangunan hunian dengan model apartemen sejalan dengan konsep kota hutan atau forest city yang diusung oleh IKN. Presiden Jokowi juga telah memberikan arahan agar jajarannya melakukan survei terkait kebutuhan hunian di IKN, sehingga ASN dapat memilih antara rumah tapak atau apartemen sesuai preferensi masing-masing. (rifAI)