PEMILU
Monday, 23 September 2024

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Meningkatkan Kecepatan dan Kapasitas Perjalanan Kereta Api Jarak Jauh dengan Gapeka 2023

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

lognews.co.id, Perubahan Jadwal Keberangkatan Kereta Api Jarak Jauh Mulai 1 Juni 2023

Mulai tanggal 1 Juni 2023, PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengumumkan perubahan jadwal keberangkatan kereta api jarak jauh sebagai bagian dari penerapan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2023. Dalam upaya meningkatkan waktu tempuh, sebanyak 140 perjalanan kereta api kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi mengalami percepatan di relasi Jakarta-Surabaya pp, Jakarta-Solo pp, Bandung-Surabaya pp, dan rute-rute lainnya. Dengan perubahan ini, penumpang akan merasakan durasi perjalanan yang lebih singkat, hingga 67 menit dibandingkan dengan jadwal sebelumnya.

Misalnya, KA Mutiara Selatan (86) dengan relasi Bandung-Surabaya Gubeng yang sebelumnya membutuhkan waktu 12 jam 15 menit, kini hanya memakan waktu 11 jam delapan menit (lebih cepat 67 menit). Begitu pula dengan KA Lodaya (91) yang menghubungkan Solo Balapan-Bandung, waktu tempuhnya berkurang dari delapan jam 50 menit menjadi tepat delapan jam (lebih cepat 50 menit).

KAI mengimbau kepada para penumpang untuk memperhatikan jadwal terbaru yang telah disampaikan melalui akun Twitter @KAI121. Dalam cuitannya, Railmin, sang juru bicara KAI, menyarankan agar #SahabatKAI mengecek dan memperhatikan jam keberangkatan yang tertera pada tiket. Jadwal yang tertera pada tiket sudah mengikuti jadwal baru Gapeka 2023. Railmin juga menambahkan agar penumpang mengatur waktu yang cukup untuk perjalanan dari rumah menuju stasiun keberangkatan.

Selain peningkatan kecepatan perjalanan, Gapeka 2023 juga melibatkan penambahan jumlah kereta api. Total 48 gerbong api penumpang ditambahkan, sehingga jumlahnya meningkat dari 605 gerbong menjadi 653 gerbong. Sementara itu, jumlah kereta api barang juga bertambah sebanyak 6 unit dari 322 menjadi 328 kereta api.

 

Perubahan ini bertujuan untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada penumpang dengan waktu tempuh yang lebih efisien serta kapasitas perjalanan yang ditingkatkan. KAI berharap agar penumpang dapat memperhatikan dan mengikuti jadwal terbaru sesuai dengan Gapeka 2023. Dengan demikian, penumpang akan menikmati pengalaman perjalanan yang lebih nyaman dan tepat waktu. (rifAI)