PEMILU
Tuesday, 01 October 2024

RELAWAN "SURGA" APRESIASI GANJAR BERKUNJUNG KE AL MUHAJIRIN PURWAKARTA

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

 

lognews.co.id, Purwakarta - Relawan "SURGA", yakni Relawan "Silaturahim Ulama Rakyat Untuk Ganjar wilayah Jawa Barat" mengapresiasi kunjungan Ganjar ke pesantren Al Muhajirin, Purwakarta Jawa Barat, bersilaturahim dengan raturan Ulama se Jawa Barat pada hari Jum 'at (17/11/2023).

Menurut Husni Mubarok, akvitis NU, koordinator wilayah Jawa Barat untuk Relawan "SURGA" kunjungan Ganjar setelah ditetapkan sebagai Capres oleh KPU RI, ke pesantren Al Muhajirin Purwakarta, pimpinan Prof Dr. KH Abun Bunyamin tentu dalam rangka memohon doa restu kepada para Ulama dalam ikhtiarnya mengikuti kontestasi pilpres 2024.

"Inilah Akhlaq dan etika seorang pemimpin, bukan sekedar taat pada aturan lebih dari itu memuliakan para Ulama dalam setiap ikhtiar politiknya", ujar Husni Mubarok.

Selain itu menurut Husni Mubarok silaturahim Ganjar diatas penting artinya untuk menyerap langsung aspirasi dari para Ulama terkait kendala penerapan amanat Undang Undang pesantren untuk sebesar besarnya maslahat bagi pesantren dan pemberdayaan ekonomi lingkungan sosial pesantren.

Secara politik dalam pandangan H. Adlan Daie, pemerhati politik dan sosial keagamaan ada dua makna penting dari kunjungan Capres Ganjar ke pesantren Al Muhajirin tersebut di atas, yaitu :

Pertama, dalam visi kepemimpinan Ganjar pendidikan pesantren bukan lembaga pendidikan "kelas dua" di Indonesia, sama pentingnya dengan lembaga pendidikan umum lainnya di Indonesia dalam mencerdaskan dan pembentukan karakter bangsa. 

Karena itu, perhatian pemimpin terhadap lembaga pendidikan pesantren harus proporsional dan berkeadilan. Pesantren harus diletakkan secara integral dalam sistem pendidikan nasional.

Kedua, dalam konteks politik elektoral tak terhindarkan bahwa basis suara pesantren penting karena besarnya basis pemilihnya di Indonesia. 

Jika Ganjar khususnya di Jawa Barat mampu mengambil "ceruk" pemilih santri di Jawa Barat akan membantu penguatan elektoral Ganjar di Jawa Barat di mana selama ini dalam sejumlah rekaman survey masih relatif belum kompetitif dengan pasangan calon lain.

Inilah bedanya Jawa Barat dibanding Jawa tengah, basis terkuat Ganjar di pulau Jawa. Karena Itulah menurut H. Adlan Daie penting digarap serius oleh seluruh Tim Ganjar di Jawa Barat di sisa waktu kurang tiga bulan menuju kontestasi pilpres 2024. (Amr-untuk Indonesia)