PEMILU
Thursday, 19 September 2024

Jambore Sekolah Alam Ungaran, Pandu Muda, Berakhlak Mulia, Berjiwa Ksatria

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

 

lognews.co.id. Semarang - Sekolah alam Ungaran (SAUNG) melaksankan kegiatan kemah jambore didesa Blantir, Sumowono, selama tiga hari dari tanggal 7-9 Maret 2024, dengan peserta kelas 4 dan 5 SD.

Menjadi acara rutin tahunan dipuncak dari program Sekolah Alam Student Scout (SASS) yang menjadi salah satu metode pembelajaran dari pilar kepemimpinan.

"Mengusung tema kemah kali ini 'Pandu Muda, berakhlak Mulia, berjiwa ksatria' selama tiga hari dua malam ini, anak-anak benar- benar dilatih kemandiriannya, kepemimpinannya, keberaniannya serta kepeduliannya terhadap sesama teman" jelas Isni Murdiyani Direktur sekolah alam Ungaran. (19/3/2024)

Beberapa agenda yang mereka lakukan diantaranya, masak mandiri secara berkelompok, anak-anak diberikan kebebasan untuk menyiapkan makan malam mereka sendiri, panitia hanya menyiapkan bahan-bahan mentahnya berupa beras.

Telur, minyak goreng, bumbu-bumbu, aneka sayuran seperti kol, wortel, kentang, seledri dan daun bawang. Dalam peningkatan keimanan dan keislaman, anak-anak mendapat materi motivasi dari kisah para sahabat yang bisa menjadi teladan dan menjadi model dalam menjalani kehidupan kelak mereka dewasa.

Dalam sesi renungan malam anak-anak juga dilatih untuk bangun malam dan melaksanakan sholat tahajud. "Dalam renungan malam anak-anak diajak merefleksi dan diberi motivasi untuk menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tua, memperbaiki sikap, menjaga lisan saat tutur kata dan supaya memiliki akhlak mulia." kata Wahib sebagai pembimbing.

Untuk agenda pagi melakukan jelajah alam/tracking, agenda ini seru dan yang paling dinanti-nanti anak-anak. Anak-anak diajak untuk mencari jejak menuju Curug klenting kuning, disepanjang perjalanan mereka menemui banyak tanaman para petani, pemandangan yang indah dan ada pos-pos rintangan yang harus mereka lewati

Selanjutnya anak-anak dapat penjelasan tentang p3k ( pertolongan pertama pada kecelakaan), tujuanya agar anak-anak tahu cara menangani atau memberikan pertolongan pertama jika ada kecelakaan, misal kena air panas, serangan asma, kena luka gores atau jatuh dan lainnya

Dan sebagai sesi penutupan pada kemah jambore sekolah alam ungaran ini, pentas seni dan api unggun. "Walaupun sempat tertunda karena hujan, tapi tak masalah karena anak-anak tetap bisa menampilkan kreasi seninya di dalam ruangan barak, dan setelah hujan reda api unggun tetap dinyalakan."Isni mengakhiri. (tasir untuk semarang)