PEMILU
Sunday, 22 September 2024

Pesan Jokowi, Menteri Luar Negri Upayakan Hubungan Diplomatik demi Kurangi Ketegangan Iran Israel

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

lognews.co.id, Jakarta - Presiden Jokowi memulai hari pertamanya bekerja setelah libur Lebaran dengan mengadakan rapat terbatas membahas perkembangan konflik terkini antara Iran dan Israel serta mencari solusi atas peran Indonesia dalam mendukung stabilitas regional, bersama para menteri kabinetnya, di Istana Negara, Jakarta, Selasa (16/4/2024).

Dikatakan Retno, terdapat dua pesan yang disampaikan Jokowi dalam menyikapi tensi geopolitik yang memanas di Timteng.

"Pesan Bapak Presiden tadi dua, yaitu tolong terus lakukan upaya diplomatik agar pihak-pihak terkait menahan diri dan dapat menghindari eskalasi," ungkap Retno.

Sejalan dengan arahan Presiden, Retno menyebut Pemerintah dan pihak terkait sudah mulai menghitung dampak yang ditimbulkan jika terjadi eskalasi.

"(Dihitung) dampaknya seperti apa terhadap masing-masing negara, baik harga minyak, harga kebutuhan yang lain, maupun nilai tukar dolar dan sebagainya," ungkap dia.

Dalam rapat tersebut, Jokowi menekankan pentingnya Indonesia untuk aktif dalam diplomasi perdamaian sebagaimana disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi usai rapat.

"Kita yakin bahwa eskalasi tidak akan membawa manfaat bagi siapapun. Oleh karena itu, upaya diplomatik perlu dilakukan oleh semua pihak termasuk oleh Indonesia," kata Retno ditemui di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Selasa (16/4/2024). (Amr-untuk Indonesia)