PEMILU
Friday, 27 September 2024

Penantian Panjang, Pangeran Charles III Syah Menjadi Raja Inggris

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Lognews.co.id,  Inggris  -  King Charles III menjadi Raja Inggris yang baru yang mengenakan Mahkota St Edward berusia 360 gantikan Ratu Elizabeth III di Westminster Abbey, London. (6/5/2023).

Ia menjadi putra mahkota terlama dalam sejarah Britania Raya dan menyandang gelar Pangeran Wales terlama. Pada usia 73 tahun, Charles adalah orang tertua yang mengambil takhta kerajaan Britania Raya, sebuah rekor yang sebelumnya dipegang oleh William IV pada usia 64 tahun.

Diketahui sejak tahun 1953, penobatan Ratu Elizabeth II, berhasil memerintah selama lebih dari tujuh dekade, dan diusianya ke 96 tahun, ratu Elizabeth II dikabarkan meninggal dunia pada Kamis (8/9/2022).

Uskup Agung Canterbury Justin Welby menobatkan Raja Charless III menjadi penguasa Kerajaan Inggris ke-40 yang dimahkotai di Westminster Abbey sejak tahun 1066.

Peletakan Mahkota Saint Edward di kepala raja Inggris yang baru diiringi teriakan teriakan "God save the king (Tuhan selamatkan raja)" baik di dalam Westminster Abbey maupun oleh banyak orang yang berkumpul di luar gereja.

Dalam prosesi tersebut, istri Raja Charles III yakni Permaisuri Camilla juga turut dinobatkan.

Raja Charles III juga akan mengambil alih peran sebagai kepala negara dari 14 negara Persemakmuran, termasuk Australia, Selandia Baru, dan Kanada.

Usai prosesi penobatan, Pangeran Charles III dan Permaisuri Camilla akan menuju Istana Buckingham dengan kereta kencana Gold State Coach.  (Amr-untuk Indonesia)