PEMILU
Thursday, 19 September 2024

Begini Penjelasannya Mengapa Nama "Car" Identik Dengan Orang Indramayu

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

 

lognews.co.id, info cerdas – Sudah menjadi budaya sebagian orang Indonesia bahwa zaman dahulu untuk menamakan anak yang baru lahir mengikuti Primbon Jawa dan Wetonnya, salah satunya pria bernama Carkidi kelahiran indramayu yang mengungkapkan arti nama ‘Car’ karena diberikan oleh orang tuanya.

Pada penamaan Carkidi menjadi keunikan orang Indramayu, sesuai perhitungan Primbon Jawa nama ‘Car’ yang menurut Carkidi saat ditanya tim lognews melalui sambungan WhatsApp, mengapa nama depannya berhuruf ‘C’ dijawab oleh dirinya bahwa huruf awalan ‘C’ pada nama seseorang itu menandakan orang itu lahirnya dihari Selasa.

Contoh lain dari nama selain carkidi yaitu Carsudi, Carsina, Caswati, dan lainnya karena neneknya dari indramayu maka diberikan nama Carkidi, yang diperkenalkan secara turun temurun hingga akhirnya menjadi kebiasaan sebagian atau sekelompok masyarakat Indramayu (tidak semua).

Adapun arti primbon dikutip dari Wikipedia.org, primbon Jawa merupakan kitab warisan leluhur jawa yang berorientasi pada relasi antara kehidupan manusia dan alam semesta.

Penjelasan tentang Primbon Jawa ada yang dinamakan dengan Neptu yaitu nilai atau angka dari weton. Misalnya seseorang lahir pada 8 Agustus 1998, berarti dia punya weton Sabtu Kliwon. Sabtu memiliki nilai 9, sedangkan kliwon memiliki nilai 8, maka 9 + 8 = 17. Nilai 17 merupakan neptu dari weton Sabtu Kliwon.

Selanjutnya menurut Carkidi, yang lahir dihari Senin neptunya adalah Kembang, hari Selasa Neptunya Api itu mempesona, hari Rabu neptunya daun, Hari kamis neptu bumi, Hari Jumat neptunya Air itu dingin, dan hari Sabtu Neptunya angin atau udara, sedangkan hari minggu neptunya mega.

Untuk itu pada penamaan berawalan ‘C’ di Masyarakat indramayu dapat menunjukan hari kelahirannya di hari selasa. (Ismi)