PEMILU
الجمعة، 20 أيلول/سبتمبر 2024
Previous Next

Pimpinan Cabang Muhammadiyah H. Junaedi : Filosofi Mukmin sebagai Penolong

تعطيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجوم
 

lognews.co.id, Kendal - Penuh inspirasi, H. Junaedi, pimpinan Muhammadiyah tingkat cabang di Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal, adalah sosok yang sederhana, aktif, dan berjiwa humanis, yang telah tiga periode memimpin secara aklamasi dipercaya memimpin organisasi besar Islam, menegaskan bahwa Muhammadiyah adalah wadah interaksi dan berbagi manfaat bagi masyarakat umum. (2/2/2024)

Menurutnya prinsip mukmin adalah menjadi penolong, suatu panggilan bawaan bahwa keberadaan kita di bumi ini dimaksudkan untuk membantu sesama, tanpa memandang bentuk, waktu, atau penerima manfaat. Baginya, Muhammadiyah adalah medium untuk mewujudkan prinsip ini, merangkul masyarakat dengan ilmu, manfaat, dan pengalaman.

Pendekatan hidupnya mengajarkan bahwa kebaikan mukmin tidak selalu terhindar dari tipu daya orang jahat, namun, H. Junaedi percaya bahwa kebaikan itu sendiri adalah benteng terkuat melawan tipu daya. 

Orang jahat, menurutnya, tidak akan berhasil jika menipu sesama orang jahat. Oleh karena itu, mukmin yang baik harus siap menjadi sasaran bagi mereka yang membutuhkan dan kekurangan materi.

Lebih lanjut, beliau mengajarkan nilai pemaafan sebagai modal utama mukmin yang baik. Meskipun mungkin menjadi korban, mukmin sejati tetap memaafkan yang merugikan dan mempercayakan segala keadilan kepada Allah. H. Junaedi meyakini bahwa kebaikan yang ditanam tidak akan sia-sia, karena dengan seizin Allah, setiap kebaikan pasti akan kembali kepada kita.

Selain itu H. Junaedi dikenal gigih menjadi pengusaha bidang retail material bahan bangunan dan pertanian, dalam kesederhanaan dan kebijaksanaannya, H. Junaedi tidak hanya memimpin Muhammadiyah secara aktif tetapi juga mendedikasikan hidupnya untuk menjadi penolong bagi sesama, menjadi teladan bagi masyarakat dalam menyemai kebaikan di setiap langkah kehidupan. 

Pemikiran bijak yang berujung pada kebermanfaatan untuk sesama makhlukNya, patut untuk kita teladani khususnya bagi jiwa jiwa rakyat Indonesia, prinsip mukmin sejati yang dianut oleh H. Junaedi merupakan orang yang sukses mewujudkan nilai nilai seorang mukmin.

(AS Saeful Husna untuk Batang Indonesia)