PEMILU
الجمعة، 20 أيلول/سبتمبر 2024

Antisipasi Bencana Kekeringan, Mensos Risma Bangun Lumbung Sosial di Papua

تعطيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجوم
 

lognews.co.id,  Kementerian Sosial (Kemensos) membangun lumbung sosial untuk meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi ancaman bencana alam di wilayah Papua. Dalam pembangunan lumbung sosial ini, Kemensos menggandeng klasis-klasis gereja di wilayah Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan. 

"Jangka panjangnya kita sudah kerja sama dengan klasis-klasis gereja untuk menyiapkan buffer stock (stok penyangga). Tapi yang utama untuk lumbung sosial," kata Menteri Sosial Tri Rismaharini di Jakarta, Kamis (26/10/2023). 

Risma mengatakan, pemerintah juga fokus mengedukasi warga membudidayakan tanaman pangan, utamanya tanaman yang tahan kondisi cuaca ekstrem. "Kita sudah berangkat Tolikara untuk menanam kentang, wortel, sawi, dan umbi-umbian," ucapnya.

Risma menyebut, dari 2021 sampai 2023 telah disiapkan 36 lumbung sosial tersebar di Provinsi Papua, Papua Barat. Lalu di Papua Barat Daya, Papua Pegunungan, Papua Selatan, dan Papua Tengah.

Hal itu sebagai upaya kesiapsiagaan menghadapi kemungkinan terjadi bencana kekeringan yang dapat menyebabkan kekurangan pangan. Selain itu, lima lumbung sosial disediakan di Kota Sorong (Papua Barat), Kabupaten Teluk Wondama (Papua Barat), dan Kabupaten Maybrat (Papua Barat Daya).

Sebanyak 21 lumbung sosial disediakan di Kabupaten Biak, Keerom, Sarmi, dan Supiori di Provinsi Papua. Serta empat lumbung sosial disiapkan di Kabupaten Jayawijaya, Tolikara, dan Pegunungan Bintang di Provinsi Papua Pegunungan.

Di samping itu, ada tiga lumbung sosial di Kabupaten Merauke dan Boven Digoel di Provinsi Papua Selatan. Serta tiga lumbung sosial di Kabupaten Nabire, Puncak Jaya, dan Paniai di Provinsi Papua Tengah.  (Amr-untuk Indonesia)