PEMILU
الجمعة، 20 أيلول/سبتمبر 2024

Kebanggaan "Wong" Cilacap Pantai Sodong Dekat Bukit Selok

تقييم المستخدم: 3 / 5

تفعيل النجومتفعيل النجومتفعيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجوم
 

lognews.co.id - Sodong adalah nama sebuah dusun di Desa Karang Benda Kabupaten Cilacap, masyarakatnya banyak berprofesi petani, pedagang dan nelayan, sedangkan pariwisata menjadi sektor unggulan sebagai daya tarik Desa tersebut karema memiliki potensi keindahan alam, selain berdampingan dengan bukit Solok yang menjulang ke pantai, juga bukit Srandil yang terkenal karena banyak kabar dari warga setempat gunung Srandil (bukit) sering dikunjungi Presiden ke 2, Soeharto, terdapat pula Gua Raja dan Gua Ratu sebagai kawasan wisata religi.

lognews pantai sodong cilapa

Tim lognews berkesempatan mengunjungi area wisata pada hari Minggu (17/12/2023) disambut oleh ketua dan pengurus wisata sodong, belum banyak perubahan fasilitas yang tersedia, namun pihak managemen terus malakukan pembenahan dan penambahan seperti yang sedang dikerjakan saat ini, membangun tempat pemancingan dan rumah makan dengan menu khas daerah Cilacap untuk menambah minat pengunjung untuk berwisata.

Wisata sodong pun sudah di SK kan dengan kepengurusan & keanggotaan kurang lebihnya 62 orang, kesepakatan warga sodong adalah pemberdayaan masyarakat sekitar dan mendorong semua masyarakat termasuk pemudanya untuk mengggali potensi dan kelompok sadar wisata, dengan harapan menciptakan keindahan ketertiban dan kesejahteraan dengan tetap mempertahankan potensi alamnya.

lognews sodong

Wisata edukasi konservasi Penyu Nagaraja diperuntukkan untuk konservasi penyu, diharpakan bisa menjaga ekosistem laut, melestarikan lingkungan menjadi ikon wisata di Cilacap, sarana edukasi tentang penyu, dan memutar roda perekonomian dan manfaat kedepan yang lebih banyak lagi.

Pak wartim selaku ketua wisata sodong menyampaikan luas area Pantai Sodong semuanya 9 Hektar, untuk wisata pantainya 3 hektar dan 6 hektar daratan dijadikan taman wisata, adapun luas daratan tersebut milik Angkatan Darat, karena statusnya hak guna bangunan masyarakat yg ada disekitar area diperbolehkan membangun semi permanen untuk usaha saja, dengan jumlah pedagang 65 warung makanan yang dapat membantu warga sekitar meningkatkan kegiatan ekonomi.

Sejak pagi hari pengunjung sudah ramai bermain air di pantai Sodong, bahkan ada yang sengaja berolahraga dengan sepeda, banyakjuga dengan kendaraan bermotor.

Jika belum pernah mengunjungi Pantai Sodong, patokan untuk kesana dengan melewati terminal Adipala, Cilacap lalu mengarah ke Pantai Sodong dengan biaya masuk Rp. 6.500.

Selain berwisata, terdapat pula muara sungai diarea pantai sodong menjadi incaran pemancing, daerah cilacap memang dikenal dengan banyaknya ikan yang menjadi ciri khas daerah pantai Cilacap.

Pasirnya yang hitam, berat dan lembut, akan berbeda dengan pantai lain di Jawa Barat, karena jika dilihat dari dekat dengan tangan kita beberapa seperti butiran yang mengkilap, dan sebagian lagi hitam pekat.

lognews sodong panta

Kita bisa menikmati udara laut Cilacap yang super kencang, di area warung dekat parkiran karena diarea tersebut sengaja dibuat adem dengan pepohonan cemara rimbun tinggi dan ayunan dari jaring dibawahnya sebelum kita mendekat ke pantainya.

Selalu terjaga, dengan dukungan berbagai pihak seperti warga, pemerintah dan lembaga lainnya, pantas jika Pantai Sodong menjadi kebanggaan “wong” Cilacap, apalagi dengan diterimanya wisata Sodong dihati warga Cilacap dan para wisatawan pada umumnya,dngan keindahan dan panorma alamnya dan keindahan lain yang cukup lengkap karena tidak hanya untuk berwisata keluarga saja.  (Burchan untuk Cilacap)