PEMILU
الجمعة، 20 أيلول/سبتمبر 2024

Penjaga Pantai Indonesia (Bakamla RI) dan Penjaga Pantai Korea Perkuat Kolaborasi Keamanan Maritim

تقييم المستخدم: 5 / 5

تفعيل النجومتفعيل النجومتفعيل النجومتفعيل النجومتفعيل النجوم
 

Lognews.co.id, Korea - Melanjutkan hubungan baik dan kerjasama sejak tahun 2018 dan melanjutkan kesuksesan Pertemuan Bilateral pertama mereka di tahun 2019, Badan Penjaga Pantai Indonesia (Bakamla RI) mengadakan Pertemuan Bilateral kedua mereka dengan Korean Coast Guard (KCG) di Incheon, Korea Selatan pada Senin (3/7/2023).

Dihadiri oleh pimpinan puncak kedua instansi, pertemuan difokuskan untuk membahas program kerjasama yang akan dilaksanakan tahun ini dan tahun-tahun mendatang. Laksamana Muda Dr. Aan Kurnia, Kepala Bakamla RI, bersama Komisaris Jenderal Kim Jong Uk dari KCG, sepakat untuk lebih jauh berkolaborasi dalam ranah keamanan dan keselamatan maritim di kawasan.

Program kerja sama yang dibahas meliputi kegiatan peningkatan kapasitas personel, pertukaran informasi, dan pertemuan rutin untuk membahas kondisi terkini di perairan masing-masing.

Selain itu, kedua lembaga juga menekankan pentingnya membina komunikasi yang positif dan aktif dengan terlibat dalam kegiatan kemaritiman yang diselenggarakan di masing-masing negara.

Kolaborasi tersebut diharapkan semakin kuat sebagai bagian dari upaya menyeluruh untuk meningkatkan keamanan di kawasan Selat Malaka, yang berfungsi sebagai jalur transportasi vital yang menghubungkan Asia Timur, India, Timur Tengah, dan Afrika.

Bakamla RI dan KCG menegaskan bahwa keamanan maritim di kawasan tidak dapat dicapai secara individual tetapi membutuhkan kerjasama yang kuat dan berkesinambungan antar lembaga negara sahabat. (Red)