PEMILU
الجمعة، 20 أيلول/سبتمبر 2024

Kesiapsiagaan Taiwan Menghadapi Gempa 7,0 Skala Richter, Gedung Taipei 101 Tidak Roboh Hanya Bergoyang

تعطيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجوم
 

lognews.co.id, Taiwan - Personel militer sigap membantu upaya penyelamatan dan bantuan dengan mencari korban selamat di sebuah bangunan yang rusak di Hualien, setelah gempa bumi dahsyat pada tanggal 3/4/2024 di Taiwan, yang merusak puluhan bangunan dan memicu peringatan tsunami yang meluas ke Jepang dan Filipina sebelum dicabut. 

Akibat gempa besar yang melanda timur Taiwan, setidaknya 9 orang meninggal dunia dan melukai ratusan lainnya pada Rabu pagi, sebanyak 70 orang lainnya terjebak di sebuah tambang di Heping, barat laut Hualien. Ratusan ribu warga yang ketakutan kehilangan pasokan listrik ketika tanah longsor melanda jalan raya.

Badan Pemadam Kebakaran Nasional Taiwan melaporkan 28 bangunan runtuh, sebagian besar di Kabupaten Hualien, tim penyelamat di Taiwan masih melakukan penyisiran untuk menemukan sejumlah orang hilang atau terjebak, sehingga jumlah korban tewas mungkin akan meningkat dalam beberapa hari mendatang ketika tim pencari menyaring bangunan yang runtuh.

Para ahli mengatakan serangkaian gempa susulan dapat membuat pencarian dan penyelamatan menjadi lebih berbahaya, tercatat 29 gempa susulan dengan kekuatan di atas 4,9 skala richter terjadi di dekat kota Hualien pada hari Rabu (3/4/2024).

Wu Chien-fu, direktur Pusat Seismologi Taiwan, mengatakan gempa susulan yang mencapai kekuatan 7,0 dapat mengguncang negara berpenduduk 23 juta orang itu selama tiga atau empat hari lagi.

Hualien adalah tujuan wisata populer 100 mil selatan Taipei, di mana bangunan-bangunan bergoyang dan beberapa kerusakan dilaporkan beberapa bangunan ambruk atau miring sementara sejumlah orang terjebak di dalam bangunan yang rusak.

Menjadi gempa paling parah yang dirasakan di Taiwan dalam hampir 25 tahun terakhir, kesiapsiagaan gempa Taiwan mungkin telah menyelamatkan nyawa dan kerusakan Taiwan, yang rentan terhadap gempa bumi, terletak di “Cincin Api” Pasifik, tempat 90% gempa bumi terjadi. Layanan darurat disiapkan untuk penyelamatan dan pemulihan gempa. Negara kepulauan berpenduduk padat ini juga sangat siap menghadapi gempa bumi, sehingga potensi kerusakan akibat gempa hari Rabu jauh lebih kecil dibandingkan jika tidak terjadi gempa bumi.

Taiwan adalah “model” dalam peraturan bangunan seismik dan penegakannya yang ketat, katanya. Bangunan-bangunan penting yang perlu berfungsi dalam keadaan darurat dibangun di atas fondasi yang memungkinkan bangunan tersebut terguling saat terjadi gempa, katanya. Taipei 101, gedung pencakar langit yang pernah menyandang gelar gedung tertinggi di dunia, dilengkapi dengan peredam massa yang terkenal , yang pada dasarnya adalah pendulum besar yang berayun saat gempa bumi untuk melawan dan membatasi goyangan gedung. “Ada perbedaan dramatis antara kegagalan bangunan – kegagalan struktural, bukan hanya bangunan – di Taiwan dibandingkan di negara lain yang mengalami gempa dengan ukuran serupa,” kata Barbera. “Mereka telah mempunyai komitmen nyata selama beberapa dekade untuk mengurangi risiko.”

Gedung tertinggi di negara itu, Taipei 101 setinggi 1.667 kaki, tampaknya memiliki kinerja yang baik dalam menghadapi gempa.

Di tengah kekacauan tersebut, rekaman video yang menakutkan menunjukkan gedung tertinggi di pulau itu – gedung pencakar langit Taipei 101 senilai $1,8 miliar – bergoyang lembut seperti tongkat yang tertiup angin.

Berukuran tinggi 1.671 kaki, bangunan ini dilengkapi dengan solusi cerdik yang mengurangi goyangan keseluruhan bangunan sebesar 40 persen saat terjadi gempa dan angin.

Dilansir dari laman berita enr.com selama pembangunannya hampir dua puluh tahun yang lalu, menara perkantoran ini dirancang untuk tahan terhadap kekuatan seismik di luar batas minimum lokal pada saat itu. Dennis Poon, kepala sekolah di insinyur struktur Thornton Tomasetti yang berbasis di New York City, yang mengerjakan desain Taipei 101, mengatakan bahwa struktur tersebut berlebihan.

Untuk memberikan lengan tuas terbesar terhadap guling, struktur memusatkan beban utama dalam dua megakolom vertikal berukuran 3 x 2,4 m, dengan jarak 22,5 m di setiap sisi, hampir menyentuh dinding keliling miring pada dasarnya. Gelagar lantai utama menghubungkan setiap megakolom melalui sambungan momen dengan kolom sudut inti di sepanjang garis kisi yang sama, membentuk papan tick-tack-toe. Inti persegi seluas 22,5 m terdiri dari 16 kolom kotak dalam empat baris, yang umumnya diikat penuh di antara lantai. Lantai komposit biasanya memiliki ketebalan 13,5 cm.

Di lantai peralatan setiap tingkat kedelapan, cadik menghubungkan megakolom dan inti. Outrigger umumnya dibentuk dengan menguatkan balok-balok lantai utama secara vertikal di atas dan di bawah lantai peralatan. Penyangga silang lebih lanjut antara kolom perimeter utama pada tingkat ini membentuk rangka sabuk di sekeliling menara. Dua cadik kecil menghubungkan kolom tengah inti dengan tiang tegak berbentuk H miring di setiap muka modul.

Taipei 101 memiliki sistem peredam massal berbobot 660 metrik ton untuk membantu menahan beban angin dan mengurangi goyangan. Peredam ini tidak dirancang untuk membantu kekuatan seismik, namun Motioneering Inc. yang berbasis di Guelph, Ontario, yang merancang sistem tersebut, perlu menentukan bagaimana sistem tersebut akan bertindak selama gempa, kata Jamieson Robinson, wakil presiden operasi dan prinsipal di perusahaan dan manajer proyeknya di Taipei 101.

Bola baja berdiameter 6 m dari sistem peredam pasif dibatasi pergerakannya sekitar 1 m ke segala arah dengan pin yang dipasang melalui cincin baja ke peredam kejut di lantai 87, yang dapat menghilangkan energi selama kejadian seismik dan mencegah bola dari guncangan. berayun berbahaya.

“Peredam massa yang disetel pada dasarnya hanya berfungsi saat bangunan diguncang gempa bumi,” kata Robinson.

Menara ini bahkan tahan terhadap gempa bumi selama pembangunannya yang merusak dua derek yang digunakan dalam proyek tersebut, dan telah menghadapi lebih banyak gempa bumi langsung dan topan di Taipei sejak selesai dibangun.  (Amr-untuk Indonesia)