PEMILU
الجمعة، 20 أيلول/سبتمبر 2024

Kisah Inspiratif Pandawara Group yang Cinta Sungai Indonesia

تقييم المستخدم: 5 / 5

تفعيل النجومتفعيل النجومتفعيل النجومتفعيل النجومتفعيل النجوم
 

Lognews201.com, Bekasi – Sedang ramai dibicarakan nama Pandawara Group, sosok pemuda melalui media sosialnya membuat konten yang memperlihatkan mereka membersihkan sampah disejumlah sungai di Indonesia.

Pandawara Group berisikan 5 orang pemuda yang terdiri dari Rafly Pasya, Agung Permana, Rifki Sa'dulah, Muchamad Ikhsan, dan Gilang Rahma. Awalnya, mereka adalah korban dari masalah sampah yaitu banjir yang menerjang kediaman mereka. Dan mereka berpikir untuk membersihkan sungai sekitar rumah mereka.

Walaupun mereka telah membersihkan sampah, banjir tetap datang karena kurang adanya kesadaran dari masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan. Banjir disebabkan oleh dua kemungkinan, yang pertama karena datangnya air sangat besar dan yang kedua tersumbatnya saluran air yang disebabkan oleh tumpukan sampah.

Mereka mengatakan bahwa inti dari semua upaya yang mereka lakukan untuk mendukung kebersihan dan kesadaran masyarakat. Aksi heroik ini mendapat perhatian dari masyarakat, dari tokoh masyarakat seperti Ridwan Kamil bahkan Pandawara telah di notice oleh youtubers luar negeri The Beast, bahkan mereka sudah saling follow akun TikToknya.

Pada akhir tahun Pandawara memilih untuk menikmati tahun barunya dengan membersihkan sungai. Aksi terpuji mereka kini menginspirasi pemuda-pemuda lainnya untuk melakukan hal yang serupa seperti @superherokebersihan @timberanikotor dan banyak lagi, mereka melakukan hal tersebut atas inspirasi dari Pandawara. (Annisasol)