PEMILU
الجمعة، 20 أيلول/سبتمبر 2024

5 Rekomendasi Software Yang Berguna untuk Mahasiswa

تقييم المستخدم: 5 / 5

تفعيل النجومتفعيل النجومتفعيل النجومتفعيل النجومتفعيل النجوم
 

lognews.co.id, Info Cerdas- Halo logers, siapa nih yang sudah jadi mahasiswa tapi masih bingung software apa saja yang diperluin untuk kuliah? penting juga loh untuk kita ketahui supaya memudahkan segala pekerjaan ketika kuliah.

Seiring dengan perkembangan teknologi, peran perangkat lunak dalam mendukung kehidupan sehari-hari semakin penting. Bagi mahasiswa, memiliki akses ke berbagai software yang dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja akademis sangatlah krusial.

Berikut 5 rekomendasi software yang memudahkan pekerjaan mahasiswa:

1. Aplikasi Pengolah Dokumen

logers harus tau nih, kalau ini wajib banget dimiliki oleh mahasiswa. Karena mahasiswa ketika memasuki masa kuliah bakal disuruh banyak mengerjakan tugas dan project, seperti menulis, mencatat, membuat laporan, skripsi dll.

Aplikasi yang termasuk pengolah dokumen yang termasuk Microsoft Office misalnya Microsoft Office Word, Microsoft Office Power Point, dan juga Microsoft Office Excel. Dan logers juga bisa pilih hal lain seperti WPS Office. Aplikasi-aplikasi ini berguna banget untuk memasukkan data, presentasi, dll.

2. Aplikasi Video Meeting

Di era pandemi ini, sudah menjadi hal yang wajar untuk melakukan rapat tanpa harus ketemu tatap muka dengan orang. Kini, kita bisa melaksanakan rapat secara daring atau online, bahkan sudah banyak acara-acara perkuliahan yang pelaksanaannya daring nih logers…

Nah, aplikasi yang termasuk kategori ini seperti Google Meet, Zoom, Microsoft Teams, Discord, dll.

3. Aplikasi Penyimpanan Data

Aplikasi yang ketiga yaitu aplikasi penyimpanan data, di era masa kini data banyak banget yang harus kita simpan nih logers, nah untuk membantu logers menyimpan data, logers perlu punya aplikasi ini.

Apa sih aplikasi penyimpanan data?

Yaitu perangkat lunak yang dirancang untuk menyimpan, mengelola, dan menyediakan akses yang mudah ke informasi atau file digital. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan data mereka secara terstruktur, melakukan pencarian, dan mengaksesnya kembali kapan pun dibutuhkan.

Contoh aplikasinya Google Drive, Dropbox, MicrosoftOneDrive, Amazon Drive.

4. Aplikasi Browser

Nah logers, aplikasi selanjutnya yaitu aplikasi browser, atau sering disebut sebagai "web browser," adalah perangkat lunak yang memungkinkan pengguna untuk menjelajahi dan mengakses berbagai situs web di internet. Browser berfungsi sebagai antarmuka grafis untuk menampilkan informasi yang terdapat di halaman web, dan memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan konten tersebut.

logers tau, aplikasi nya itu seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, UC Browser, Opera, Safari, Yandex dan juga Microsoft Edge.

5. Aplikasi Editing

logers pernah ga nih disuruh dosen buat mengedit gambar atau video? pasti pernah bukan. Aplikasi editing itu kaya gimana sih? jadi aplikasi editing merujuk pada perangkat lunak yang digunakan untuk mengedit dan memanipulasi berbagai jenis media, seperti gambar, video, atau audio.
Contoh: Canva, Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Lightroom, Capcut dll. (Rafif untuk Indonesia)