PEMILU
الجمعة، 20 أيلول/سبتمبر 2024

Tersengat Tawon Besar Hitam Ekor Kuning Oranye Perlu Diwaspadai

تعطيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجوم
 

lognews.co.id, Banyaknya kabar mengenai tawon vespa atau tawon dengan nama latin Vespa affinis, yang merupakan Ordo Hymenoptera dari Phylum Arthropoda mempunyai ukuran tubuh yang cukup besar dibanding jenis tawon lainnya, sekitar tiga sentimeter.

Tubuhnya dominan berwarna hitam dengan corak seperti cincin kuning atau oranye dibagian perutnya, terkenal dengan racun sengatnya yang menimbulkan reaksi yang berbeda dari tingkat sedang hingga berat tergantung imunitas individu.

Dengan sifatnya yang teritorial (mempertahankan wilayah), engatan dan racun (venom) digunakan sepenuhnya untuk pertahanan diri ketika individu dan koloninya terganggu (diserang). Sengatan bisa mematikan binatang (vertebrata) lain yang menggu apabila jumlah sengatan cukup banyak. Biasanya satu individu yang menyengat pertama mengeluarkan veromon berbahaya untuk mengundang individu-individu lain (temannya).

Bagi manusia, keberadaan tawon tersebut perlu diwaspadai, baru baru ini seorang balita DE (3) asal Dusun Ngemplak, Desa Podoroto, Kecamatan Kesamben, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, meninggal setelah diserang ratusan tawon vespa, ibu dan nenek DE ikut tersengat menyebabkan Sumilah (37) dan Sukarti (50) menjalani perawatan tim medis puskesmas pada Sabtu (9/12/2023).

Juga seorang kakek berinisial S (82) di Desa Dengkeng, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten meninggal dunia setelah tersengat tawon yang diduga tawon Vespa affinis, saat korban sedang bersih-bersih di kebun dan tersengat diarea kepala, tangan dan kaki pada Kamis (8/12/2023).

Untuk itu, penting bagi kita untuk mengetahui penanganan cepat dan tepat agar efek yang ditimbulkan dari sengatan tawon vespa bisa tertangani yaitu dengan melakukan pengompresan dengan air dingin atau es pada lokasi atau sekitar luka.

lognews tawon hitam

Tawon ini memang bersifat predator yang bisa menyerang dengan cepat, dalam satu koloni (satu sarang) bisa berjumlah ratusan hingga ribuan individu tawon.

Untuk itu butuh bantuan orang lain atau intansi yang mempunyai Alat Pelindung Diri apabila mendapatkan koloni/rumah Tawon Vespa,

Apabila mendapatkan Tawon Vespa dalam jumlah sedikit dapat dikendalikan/ dimusnakan dengan raket nyamuk atau disemprot insektisida, jangan sampai menampar atau terinjak dengan kaki telanjang, karena bisa jadi racun yang ada di ekornya justru tertekan dan masuk melalui lapisan kulit kita.

Tawon Vespa berbahaya jika menyerang berkelompok, oleh sebab itu kewaspadaan saat didalam rumah, ataupun saat kita sedang di alam bebas, bersiaplah agar tidak panik dan melakukan pertolongan pertama jika tersengat.  (Amr-untuk Indonesia)