PEMILU
الثلاثاء، 24 أيلول/سبتمبر 2024

OLAHRAGA YANG PAS DI BULAN PUASA, OKK SAJA BESTIE!

تقييم المستخدم: 5 / 5

تفعيل النجومتفعيل النجومتفعيل النجومتفعيل النجومتفعيل النجوم
 

Bulan puasa, acapkali dimaknai dengan berkurangnya aktivitas fisik semacam olahraga. Padahal sejatinya tubuh sangat membutuhkan olahraga dan tak bisa dihentikan hanya karena kita sedang berpuasa.

 

Tubuh yang sehat didukung oleh aktivitas fisik berupa olahraga yang rutin. Nah, bagaimana sebaiknya jika olahraga tetap dilakukan saat sedang berpuasa?

 

Maka pilihan paling tepat adalah OKK. OKK adalah singkatan dari Olahraga Kebugaran Kaki alias olahraga dengan cara berjalan kaki dengan jarak tempuh dan durasi yang cukup dikategorikan sebagai aktivitas olahraga, misalnya dilakukan selama 60 menit atau 1 jam per-hari.

 

Di dunia kesehatan, aktivitas berjalan 1 jam per-hari pernah dikampanyekan oleh Global Wellnes.Day, sebagai salah satu program kesehatan yang wajib bagi seluruh orang. Sebab aktivitas ini diakui telah memberikan banyak sumbangsih kesehatan bagi tubuh manusia.

 

Dunia kesehatan telah lama mencermati faktor penyebab seseorang menderita berbagai penyakit yang dikatakan sebagai kategori penyakit penyebab kematian nomor satu di dunia. 

 

Rumusan pencegahan dari yang sederhana hingga yang terasa rumit untuk diterapkan, telah banyak digulirkan. Salah satunya adalah metode berjalan kaki yang dianggap mudah dan murah, namun tetap saja diabaikan banyak orang, sebab tak memahami seberapa besar manfaatnya bagi kesehatan manusia.

 

Salah satu kampanye kesehatan yang diunggulkan dalam Global Wellness Day bagi dunia adalah Walk an Hour. Program berjalan kaki selama satu jam per hari ternyata mampu mengatasi risiko berbagai penyakit berbahaya dan berbagai manfaat lainnya secara psikis.

 

1

Berjalan selama satu jam per-hari akan menghasilkan manfaat sebagai berikut: 

1. Menjaga kesehatan jantung

2. Mencegah diabetes

3. Mencegah osteoporosis

4. Mencegah penyakit jantung dan stroke

5. Membakar kalori dan lemak

6. Meningkatkan immunitas tubuh

7. Meremajakan sel-sel otak

8. Meningkatkan mood bekerja

9. Meningkatkan kreatifitas

10. Menurunkan berat badan

Dan bonus lainnya adalah melancarkan peredaran darah. Seperti itu, Bestie!

 

Nah, jadi mengapa harus berhenti berolahraga di waktu sedang berpuasa? OKK bisa menjadi pilihan tepat, karena siapapun bisa melakukannya, dan tak terbatas oleh ruang dan waktu, bisa kapan saja kan, Bestie?

 

Tetap sehat, bugar dan bersemangat menjalani aktivitas di bulan suci Ramadhan dengan rutin melakukan OKK selama 1 jam setiap hari, bisa jadi pilihan kamu, Bestie! (Ade Chan)