PEMILU
الجمعة، 20 أيلول/سبتمبر 2024

Kenali Pohon Tabebuya, Tanaman Favorit Untuk Mengindahkan Sudut Kota

تعطيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجوم
 

lognews.co.id, Bekasi - Sejuta manfaat tanaman berbunga cantik rimbun, asal hutan amazon Brazil, berjenis pohon semi-hijau/semi-gugar menumpahkan dedaunan untuk waktu yang singkat di akhir musim semi) yang marak digunakan untuk penghijauan kota karena memiliki kemampuan beradaptasi terhadap cuaca kering maupun lembap, dan mempunyai toleransi kekeringan yang tinggi disamping keindahannya saat musim berbunga.

Dapat ditanam di lokasi tanah subur dan dralinase yang baik, dengan berbagai macam jenis media seperti tanah liat, lempung, pasir, pH tanah apapun akan tetap sesuai baik di lokasi matahari penuh atau sebagaian.
Dari namanya mirip bahasa jepang, ternyata tabebuya merupakan bahasa Brazil dari asal kata “tacyba dan bebuya“ yang bila dibahasakan kedalam bahasa indonesia artinya “semut kayu”.

Bentuk pohon dan rumpun bunganya mirip bunga sakura, dari warna bunganya tabebuya jenis tabebuya rosea/pink sekilas mirip sekali.

Secara spesifik, perbedaan antara sakura dan tabebuya bisa dilihat dari bentuk bunga tabebuya yang berbentuk melekat seperti terompet, sedangkan bunga sakura berbentuk berlepasan seperti bunga mawar.

Pohon tabebuya dapat mencapai usia 25 tahun lebih untuk tetap berbunga dan dapat berbunga sepanjang tahun tiap musim kemarau. Sedangkan bunga sakura hanya dapat bermekaran di musim semi yaitu antara akhir bulan Maret hingga April.
Pemeliharaan yang tepat menjadi kunci pohon tabebuya cepat berkembang, untuk jenis tabebuya yang cepat berbunga adalah yang berwarna kuning dan ungu.

Terdapat empat jenis warna dari pohon tabebuya seperti tabebuia chrysantha (Kuning)
Tabebuia rosea (pink) tabebuia riparia (putih), tabebuia handroanthus impetiginosus (ungu), dan tabebuya merah (tabebuia haemantha).

Bentuk akar Tabebuya adalah akar tunggang tumbuh kebawah bukan menyamping, dengan kondisi akar sudah digedong atau diberi karung goni sebagai pelapis luarnya.

Pohon tabebuya tersebar di negara tropis dan subtropis mulai dari Meksiko hingga Argentina, sedangkan pohon sakura hanya tersebar di negara subtropis, misalnya, Jepang dan China.

Pohon tabebuya mempunyai kemampuan dalam menyerap senyawa karbon yang berbahaya bagi manusia.

Senyawa ini biasanya terdapat di udara yang terdapat polutan dari asam kendaraan bermotor. Oleh sebab itu, penanaman pohon tabebuya di pinggir jalan, hutan kota maupun sarana umum lainnya dapat membantu membersihkan udara yang tercemar oleh polusi. (Amr-untuk Indonesia)