PEMILU
الجمعة، 20 أيلول/سبتمبر 2024

Pohon Tabebuya Cantik Yang Kaya Manfaat

تقييم المستخدم: 5 / 5

تفعيل النجومتفعيل النجومتفعيل النجومتفعيل النجومتفعيل النجوم
 

lognews.co.id, Bekasi – Kegiatan Penghijauan Tanam Sejuta Pohon Tabebuya dalam Program “ Go Green” di Kota Bekasi yang digagas oleh Prof Benny Tunggul Direktur Kerjasama Yayasan Bina Tunggal, memiliki peran penting untuk mengembalikan kualitas udara Kota Bekasi yang sudah di level warning. Dan dapat berperan mengurangi kebisingan dari kepadatan lalu lintas kendaraan bermotor yang hampir tak pernah berhenti berlalu lalang di Jalan Raya Bekasi.

Pohon tabebuya bisa difungsikan untuk menyaring udara, daunnya dapat menangkap partikel partikel debu, polutan dan zat zat kimia yang terdapat di dalam udara sehingga kualitas udara terjaga dengan baik.

Batang tabebuya yang kokoh dan daunnya yang lebat dapat juga berfungsi sebagai penghalang alami terhadap suara. Ini dapat membantu mengurangi tingkat kebisingan yang ada disekitar lingkungan kita.

Selain itu tabebuya memilik estetika yang mempunyai daya tarik cantik bila bermekaran dengan warna warni seperti kuning,merah muda,putih dan ungu sehingga keberadaanya juga dapat memperindah lanskap serta memberikan keindahan dari sebuah kota.

Pohon tabebuya dikenal sebagai pohon trumpet atau pohon kuku merah. Menariknya Pohon tabebuya ini mulai dari bunga, daun, biji dan kulit kayunya dapat di manfaatkan sebagai obat tradisional.

Di Amerika Selatan terutama di Brasil tabebuya digunakan sebagai pengobatan tradisional. Biji dan kulit kayunya dijadikan ramuan atau teh yang digunakan untuk mengobati berbagai kondisi kesehatan seperti peradangan, demam, infeksi saluran pernapasan dan penyakit kulit.

Sementara di Karibia bunga tabebuya digunakan untuk mengobati demam, masalah pernapasan, batuk, pilek dan luka.

Dibeberapa negara Asia seperti India, Sri Lanka dan Indonesia sendiri, daun tabebuya digunakan dalam ramuan tradisional untuk mengobati sakit kepala dan demam.

Dengan keindahan yang dimiliki dan berbagai manfaatnya yang telah terbukti, pohon tabebuya menjadi simbol penting dalam upaya menjaga lingkungan dan dapat menjadi lanskap Kota yang colour full bila bunganya bermekaran.

Selain itu khasiatnya sebagai obat tradisional telah terbukti di belahan dunia.  (iws-Untuk Indonesia)