PEMILU
الإثنين، 23 أيلول/سبتمبر 2024

Tips Memelihara Ular Bagi Pemula

تقييم المستخدم: 5 / 5

تفعيل النجومتفعيل النجومتفعيل النجومتفعيل النجومتفعيل النجوم
 

Lognews201.com,  Bekasi  -  Memelihara binatang reptil, dianggap sebagai sesuatu yang keren karena tidak banyak orang yang berani memelihara hewan melata tersebut.

Karena termasuk hewan yang eksotis. Ular jadi salah satu binatang reptile yang unik untuk bisa dipelihara. Selain itu, memelihara ular bagi pemula lebih baik untuk memelihara ular berjenis yang tidak berbisa seperti memelihara ular jenis sanca atau ballpyton yang manja menggemaskan.

Untuk mengetahui bagaimana merawat ular yang benar untuk pemula, ini yang perlu diketahui:

Siapkan kandang yang sesuai dengan jenis dan ukuran ular, jika habitatnya di pepohonan maka kandang yang kita siapkan vertikal dan tinggi.

Sementara ular yang habitatnya di darat kandang yang dibutuhkan memanjang dan lebar. untuk ukuran, kandang lebih baik memiliki luas dua kali lebih besar dari tubuh ular.

Beberapa jenis ular seperti sanca yang membutuhkan lebih dari itu karena ia selalu bergerak. Yang perlu di ingat, kandang ular idealnya terbuat dari kayu dan kaca tertutup dengan sedikitcelah untuk udara.

Setelah kandang siap, kita harus mempelajari perilaku, kebiasaan dan habitat ular kesayangan kita.

Untuk cahaya dan panas yang dibutuhkan setiap bisa berbeda-beda, agar pertumbuhan ular stabil maka pencahayaan bisa dipasang lampu pemanas atau UV didalam kandang dilengkapi lapisan bagian bawah kandang dengan serutan kayu bisa menambah kenyamanan.

Untuk pakannya bisa di berikan 4-6 hari sekali dan pakannya tergantung ukuran ularnya, biasanya pakan ideal untuk ular adalah pakan hidup seperti tikus kecil, anak ayam, dan serangga besar.

Jika perlu gunakan tongkat penjepit agar tangan tidak tergigit saat memberi makan,  serta menyiapkan minum dengan mangkuk khusus yang berisi air bersih dan menggantinya dua kali dalam seminggu.

Salah satu rutinitas ular yang perlu di pahami ialah saat ular berganti kulit, setidaknya ular berganti kulit sebanyak enam kali dalam setahun dan saat proses tersebut membutuhkan waktu selama dua minggu. Ketika berganti kulit, ular akan sensitif terhadap sentuhan atau kehadiran manusia.(Annisasol)