PEMILU
Monday, 23 September 2024

Preman Erlan alias Samson Berulah Lagi di Pasar Palabuhanratu, Diamankan Setelah Mengamuk

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

lognews.co.id, Erlan alias Samson (27) tampaknya tak kenal lelah berurusan dengan polisi. Pria yang dikenal sebagai preman itu kembali membuat geger dan harus ditangkap setelah membuat resah warga dengan kejenakaannya.

Samson ditangkap karena membuat keributan di Pasar Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Minggu (28/5/2023). Saat itu, bertelanjang dada dan hanya mengenakan sarung, Simson dengan berani menantang beberapa orang, menggiring mereka untuk mengelilinginya di jalan.

Samson berhadapan dengan lima orang, tetapi dia tampak tidak gentar. Setelah diselidiki, terungkap bahwa warga mengepungnya karena frustrasi akibat provokasi Samson untuk berkelahi di pasar. Sebuah video tawuran beredar melalui aplikasi perpesanan dengan durasi 1 menit 3 detik.

Tidak hanya itu, lima orang yang berusaha menaklukkan Simson menggunakan senjata seadanya. Mereka melemparkan papan kayu dan batang bambu panjang ke arah Samson. Namun, seperti biasa, Samson memperagakan jurus-jurus silatnya sambil dikepung massa.

"Kejadiannya kemarin, sekitar pukul 13.00 WIB, Minggu (28/5/2023). Dia berteriak-teriak di Pasar Palabuhanratu kemudian terlibat tawuran di Jalan Siliwangi," kata seorang warga bernama Wil, asal Palabuhanratu, kepada detikJabar pada Senin (29/5/2023).

Belakangan terungkap bahwa Samson sebelumnya telah ditangkap polisi dan dibawa ke Rumah Sakit Jiwa Marzoeki Mahdi Bogor. Namun entah bagaimana, Samson bisa bebas berkeliaran dan membuat onar lagi di Sukabumi.

Aksi Samson baru terhenti saat petugas keamanan tiba di lokasi. Ia kemudian digiring ke kantor Koramil Palabuhanratu hingga polisi datang menjemputnya. Video momen penangkapan Samson tersebar melalui aplikasi perpesanan.

Kapolsek Palabuhanratu, Kompol Mangapul Simangunsong, datang bersama anggotanya untuk menjemput Samson di Koramil Palabuhanratu. Mangapul menyatakan sedang berpatroli di sekitar lokasi kejadian.

Mangapul terlihat mengenakan rompi hitam, kemeja berwarna oranye, dan celana panjang. Sementara itu, Simson dengan dada telanjang dan sarung tangannya diborgol. Dia tampak pasrah saat salah satu petugas mengawalnya ke dalam kendaraan patroli.

Dalam video tersebut terlihat kerumunan warga dan lalu lintas di sekitar lokasi. Setelah itu, kendaraan patroli meninggalkan keributan. Ternyata yang menjemput adalah AKP Dadi, Kapolsek Simpenan.

Dadi sudah sering terlibat dalam penangkapan Samson. Dalam beberapa kasus, Simson selalu terlihat pasrah di hadapan Dadi. Dadi membenarkan bahwa Samson sudah dibawa ke Rumah Sakit Jiwa Marzoeki Mahdi.

“Petugas Bhabinkamtibmas Desa Cidadap Kecamatan Simpenan Bripka Purnama Sidik telah mendampingi dan mengantar pasien Gangguan Jiwa (ODGJ) ke Rumah Sakit Jiwa Marzoeki Mahdi Bogor untuk pemeriksaan kejiwaan,” kata Dadi.

 

Dadi menjelaskan, Samson diangkut dengan ambulans dari Puskesmas Simpenan tadi malam. Selain personel polisi, personel TNI juga terlibat mengawal Samson. (rifAI)