PEMILU
Monday, 23 September 2024

Kebakaran Hebat Menghancurkan Panti Asuhan Oikos Agape Permata Hati di Bekasi, Seluruh Bangunan Hangus

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

lognews.co.id, Kecamatan Tambun Utara, Kabupaten Bekasi, menjadi saksi dari kebakaran hebat yang melanda Yayasan Panti Asuhan Oikos Agape Permata Hati pada Jumat malam, 2 Juni 2023.

Api yang diduga bermula dari korsleting arus pendek listrik dengan cepat melalap habis seluruh bangunan 2 lantai panti asuhan tersebut. Pemilik Panti Asuhan, Lilik, mengungkapkan bahwa api pertama kali terlihat dari lantai 2 saat anak-anak yang tinggal di sana sedang makan malam.

"Dalam keadaan sedang makan, mereka tiba-tiba berteriak karena melihat asap kebakaran. Saya sedang berada di kamar bersama bayi-bayi, saya kaget dan langsung keluar," ujar Lilik.

Beruntung, sebanyak 20 anak yang tinggal di panti asuhan berhasil dievakuasi sebelum api merajalela dan menghanguskan seluruh bangunan. Lilik memastikan bahwa tidak ada korban luka maupun korban jiwa dalam kejadian kebakaran tersebut.

"Saya berhasil mengeluarkan semua anak-anak, lalu saya masuk kembali ke dalam untuk menyelamatkan dokumen-dokumen penting," tambahnya.

Petugas pemadam kebakaran dari Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi menghadapi kesulitan dalam menjinakkan api yang membara.

"Kendala utama kami adalah akses jalan yang terhambat oleh warga yang menyaksikan kebakaran, dan juga medan yang dipenuhi oleh banyak pohon pisang. Hal ini menyulitkan penggunaan selang pemadam kebakaran," ungkap Heru, petugas pemadam kebakaran.

Heru menyatakan bahwa api baru dapat dipadamkan setelah 2 jam berkat upaya dari lima armada mobil pemadam kebakaran yang dikerahkan ke lokasi kejadian.

"Kami mengerahkan lima unit armada, dua unit berasal dari Mako Cibitung, dua unit dari Babelan, dan satu unit dari Metland Cibitung. Seluruhnya terdiri dari 25 orang personel," jelasnya.

 

Kebakaran yang menghanguskan Panti Asuhan Oikos Agape Permata Hati ini menyisakan kerugian yang besar, namun berkat evakuasi yang cepat, tidak ada nyawa yang melayang. Masyarakat dan pihak berwenang diharapkan dapat memberikan bantuan dan dukungan kepada panti asuhan ini dalam mengatasi dampak dari kebakaran ini. (rifAI)