PEMILU
Thursday, 26 September 2024

P3BKS Membangun Kesadaran untuk Melindungi Primata dan Masyarakat

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Lognews.co.id - Bekasi, Komunitas primata yang dikenal sebagai P3BKS atau Paguyuban Pecinta Primata Bekasi. Mereka biasa berkumpul di stadion GOR Bekasi atau hutan kota Bekasi setiap pekannya, komunitas ini hadir karena untuk menjaga, merawat, dan melindungi primata agar tidak membahayakan si pemilik, si pemelihara, atau masyarakat yang lain. Berdiri pada akhir tahun 2020, P3BKS sudah berjalan selama lebih dari dua tahun.

Menurut Andre ketua paguyuban ada berbagai jenis primata beberapa di antaranya dilindungi oleh negara, tetapi ada dua jenis primata yang belum dilindungi, seperti ekor pendek beruk (macaca namestriana) dan ekorpanjang (monpai). Populasi monpai sangat banyak sehingga dia masuk golongannya sebagai hama, karena dia sering turun ke pemukiman warga dan merusak lahan-lahan kebun, hasil panen petani.

Kami ingin membangun kesadaran untuk melindungi primata dan masyarakat. Kami percaya bahwa melalui upaya kolektif dan edukasi, kita dapat mengurangi konflik antara primata dan manusia serta menjaga keberlangsungan hidup primata yang terancam. Inilah tujuan utama kami sebagai P3BKS. (Rifai)