PEMILU
Saturday, 28 September 2024

Digelar Di Luar Stadion Utama GBK, Ketua Apdesi mengungkapkan 41 Ribu Perangkat Desa Hadir Di Hari Desa Nasional

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

lognews.co.id,  Jakrta  -  Hari Desa Nasional yang ke-9, bertujuan untuk menetapkan tanggal 15 Januari sebagai peringatan Hari Desa Nasional dengan semangat membangun Indonesia dari Desa yang dihadiri Di Plaza Timur GBK, Jakarta Minggu (19/3/2023).

Dishub Jakarta dalam akunnya menyatakan kegiatan CFD Sudirman-Thamrin Ditiadakan untuk sementara.

Sehubungan dengan adanya Kegiatan Massa dalam rangka memperingati 9 tahun UU Nomor 7 Tahun 2014 tentang Desa pada Minggu (19/3/2023), Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di dua lokasi ini ditiadakan sementara," tulis Dishub DKI Jakarta dalam Instagram @dishubdkijakarta, Kamis (16/3).

Acara ‘Hari Desa Nasional’ sebelumnya ditolak oleh Pengurus Pusat Kompleks Gelora Bung Karno (PPKGBK) karena alasan kesehatan rumput.

Diketahui imbas dari konser group band wanita asal korea, Black Pink  selama dua hari, Sabtu dan Minggu (11-12/3/2023) di Stadion Utama Gelora Bung Karno membuat geram Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan melarang segala bentuk jenis kegiatan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK). Hal tersebut Erick ungkapkan saat inspeksi SUGBK, Akibat rusaknya rumput tersebut membuat Timnas Indonesia harus mengungsi ke Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, pada saat pertandingan kontra Burundi pada 25 dan 28 Maret mendatang.

Dalam akun media sosial Instagram, Errick thohir membagikan video percakapannya dengan pengurus stadion.

“Saya harus ambil posisi tidak ada event lagi di sini Apakah event olahraga event kesenian tidak ada lagi kalau kita tidak mau dipermalukan dalam penyelenggaraan event dunia ini U20” ujar Errick saat sidak kesiapan stadion jelang pertandingan U- 20,  pada Senin (13/3/2023).

Tidak diselenggarakan di dalam Stadion Utama Gelora Bungkarno, acara dipindahkan di area stadion GBK, Plaza timur, Jakarta.

Ketua Umum DPP Assosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Surta Wijaya mengusulkan dana desa dinaikkan 10 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN)  tahun anggaran 2024. Selanjutnya Surta melaporkan kehadiran peserta sebanyak 216 perwakilan kabupaten, kota seluruh indonesia, 33 provinsi yang hadir, dan  sekitar 41 ribu kepala desa dan perangkat desa.

Apdesi juga melaporkan sudah melakukan MOU mengenai diklat ideologi pancasila.

“keinginan kita agar kepala desa seluruh Indonesia mendapatkan diklat ideologi pancasila sehingga kepala desa, perangkat desa menjadi garda terdepan dan membumikan nilai nilai pancasila” ujar Surta saat memberikan sabutan didepan panggung Hari Desa Nasional.

Rencananya acara tersebut akan diihibur oleh H. Rhoma Irama & Soneta Grup, Caca Handyka, Sukma Perez, Dua laki-laki, Lidya Natalia, Vela Zaladara, dan Budi Cilok. 

Acara tersebut dipadukan dengan pameran produk unggulan dan kuliner pilihan yang bertajuk DESA EXPO 2023 di Jakarta International Stadion (JIS), yang akan dihadiri 200 ribu orang Kepala Desa, BPD (Badan Permusyawaratan Desa) dan Perangkat Desa dari berbagai daerah.  (Amr-untuk Indonesia)