PEMILU
Friday, 20 September 2024

Kebun Raya Gunung Tidar, Perpaduan Keindahan Alam Magelang dan Nuansa Spiritual

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

 

 

lognews.co.id, Magelang - Gunung Tidar  dijuluki dengan “Paku Tanah jawa” yang terletak di Magersari, Kota Magelang adalah salah satu wisata alam dan wisata Religi, sebagian area gunung tidar digunakan untuk Akademi Militer (Akmil) (28/1/2024).

Gunung Tidar identik dengan suasana keindahan alam berbalut dengan riuhnya pohon pinus.

Kebun Raya Gunung Tidar berada ditengah hiruk-pikuk kota Magelang, pengunjung dapat menikmati udara segar dan hijaunya pepohonan yang menenangkan. 

Menjadi salah satu tujuan wisata religi yang cukup terkenal yaitu makam atau petilasan  Syekh Subakir, yang menurut cerita ia adalah penakluk pertama kali Gunung Tidar, sehingga banyak pengunjung datang untuk berziarah dengan berzikir dan berdoa di makam tersebut.

Dengan ketinggian mencapai 503 Mdpl, pengunjung  dapat  mencapai puncak gunung tidar dengan melewati jalur pendakian berupa anak tangga yang di sela - sela jalur disediakan tempat duduk untuk beristirahat sejenak sebelum melanjutkan naik sampai ke puncak, untuk memudahkan perjalanan, jalur pendakian dibagi dua yaitu Ada dua jalur yaitu, naik ke puncak dan turun. 

Dipuncak gunung tidar terdapat  monumen Tanah Air Satu Bangsa yang dibangun oleh  Pemerintah  Magelang sebagai ucapan Terimakasih kepada Presiden RI Ir.H.Joko Widodo, yang telah memilih kota Magelang sebagai tuan rumah penyelenggaraan  Hari Olahraga  Nasional ke 34  pada tanggal 9  September 2017.

Informasi lainnya untuk dapat menikmati wisata ini bisa menebusnya dengan harga tiket masuk Rp 5.000.- untuk pengunjung lokal dan Rp 10.000.- untuk turis mancanegara.

Sedangkan jam operasional dibuka hingga 24 jam, Senin-Minggu. Dan tutup pada hari Jumat antara pukul 11.00 - 13.00 WIB.

Destinasi ini memberikan pengalaman yang memadukan keberagaman yang tak terlupakan. Plan your visit now! dan jelajahi keindahan alam Magelang, rimbunnya pinus menambah aroma kesegaran udaranya, atau bisa juga merasakan nuansa spiritualitas yang kuat, dan tentunya mendapatkan wawasan sejarah di Kebun Raya Gunung Tidar. (Wulan untuk Magelang)