PEMILU
Friday, 20 September 2024

Jokowi Rayakan Kemerdekaan Indonesia 79 di IKN dengan Tema "Nusantara Baru Indonesia Maju"

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

lognews.co.id, Kalimantan Presiden Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara, IKN, Kalimantan Utara, didampingi oleh Ibu Negara Iriana yang kompak memakai baju adat Nusantara Kustin, pada Sabtu (17/8/2024)

Mengusung tema “Nusantara Baru Indonesia Maju,” yang menggambarkan momen pembuka bagi tiga transisi besar Indonesia: penyambutan ibu kota baru, pergantian pemimpin, serta menyongsong Indonesia Emas 2045.

Kolonel Inf. Nur Wahyudi, yang saat ini menjabat sebagai Komandan Satuan (Dansat) 81 Kopassus, bertindak sebagai komandan upacara.

Prosesi dimulai dengan laporan dari komandan upacara dan dentuman meriam sebanyak tujuh belas kali di kawasan IKN, diiringi dengan bunyi sirene panjang sebagai penanda dimulainya Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Setelah itu, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Puan Maharani, membacakan naskah proklamasi yang 79 tahun lalu dikumandangkan oleh proklamator Soekarno, menandai kemerdekaan Indonesia dari penjajahan.

Usai pembacaan naskah proklamasi, Presiden Jokowi memimpin peserta upacara baik di IKN maupun di Jakarta untuk mengheningkan cipta, dilanjutkan dengan pembacaan doa yang dipandu oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas.

Upacara yang juga diikuti secara hybrid dari halaman Istana Merdeka, Jakarta, berjalan dengan khidmat dan lancar.

Diketahui, petugas Paskibraka di IKN terbagi dalam kelompok Nusantara Baru dan Indonesia Maju, setelah pengibaran bendera, rangkaian kegiatan kemudian dilanjutkan dengan persembahan sejumlah lagu oleh paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara di Istana Merdeka, Jakarta, serta tarian tradisional dari Kalimantan Timur yang meramaikan suasana di halaman Istana Negara IKN.

Presiden terpilih Prabowo Subianto turut menghadiri upacara peringatan HUT Ke-79 Republik Indonesia, termasuk pejabat Lembaga Negara dan Menteri Kabinet Indonesia Maju, diantaranya, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet), dan Ketua DPD RI LaNyalla Mahmud Mattalitti, Ketua Mahkamah Agung (MA) RI M. Syarifuddin, Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman. Sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, di antaranya Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Lalu ada Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, hadir juga Wakil Ketua MPR Ri Jazilul Fawaid, dan Fadel Muhammad. Kemudian Wakil Ketua DPR RI di antaranya Muhaimin Iskandar (Cak Imin), dan Rachmat Gobel. (Amr-untuk Indonesia)