PEMILU
Sunday, 22 September 2024

300 Roket Iran Dihalau Sistem Pertahanan Israel dan Sekutu Israel

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

lognews.co.id, Dunia -  Lebih dari 300 proyektil, termasuk sekitar 170 drone dan lebih dari 120 rudal balistik ditembakkan Iran, yang sebagian besar diyakini telah diluncurkan dari dalam wilayah Iran selama serangan lima jam, dicegat sebelum mencapai Israel, lebih dari 1.100 mil (1.770 kilometer) dari peluncurannya pada Sabtu malam (13/4/2024).

Militer Israel mengatakan pada hari Minggu (14/4/2024) bahwa “99%” proyektil yang ditembakkan oleh Iran dicegat oleh sistem pertahanan udara Israel dan sekutunya, dan hanya “sejumlah kecil” rudal balistik yang mencapai Israel.

Secara total, sekitar 170 drone, lebih dari 30 rudal jelajah dan lebih dari 120 rudal balistik diluncurkan ke Israel oleh Iran kata militer.

ke arah Israel dalam serangan udara besar-besaran semalam. Sekitar 350 roket ditembakkan dari Iran , Irak, Yaman, dan Hizbullah Lebanon, menurut juru bicara Pasukan Pertahanan Israel (IDF) Daniel Hagari.

Presiden Joe Biden bertemu dengan anggota tim Keamanan Nasional terkait serangan rudal yang sedang berlangsung terhadap Israel dari Iran, Sabtu, (13/4/2024), di Gedung Putih.

Saat Iran menyerang Israel, Biden menghadapi krisis Timur Tengah yang semakin meningkat yang ingin ia hindari

Namun, “99%” proyektil tersebut dicegat oleh sistem pertahanan udara Israel dan sekutunya, menurut militer Israel, dan hanya sejumlah kecil yang mencapai wilayah Israel.

Serangan Teheran menargetkan pangkalan udara Nevatim, kata seorang pejabat militer Iran pada hari Minggu, menuduh bahwa dari sinilah  serangan Israel pada awal April terhadap konsulat Iran diluncurkan.

Rudal balistik Iran yang mencapai Israel jatuh di pangkalan udara di selatan negara itu dan hanya menyebabkan kerusakan struktural ringan, kata Hagari. Pangkalan tersebut berfungsi dan melanjutkan operasinya setelah serangan itu, dengan pesawat terus menggunakan pangkalan tersebut, tambah Hagari.

Para pejabat AS mengatakan lebih dari 70 drone dan tiga rudal balistik dicegat oleh kapal Angkatan Laut dan pesawat militer AS, tanpa memberikan rincian tentang pertahanan apa yang digunakan untuk menjatuhkan proyektil tersebut.

ngkatan Laut AS menembak jatuh setidaknya tiga rudal balistik menggunakan sistem pertahanan rudal Aegis di atas dua kapal perusak berpeluru kendali di Mediterania timur, kata para pejabat kepada Oren Liebermann dari CNN di Pentagon.

Pesawat tempur AS juga menembak jatuh persenjataan Iran, Liebermann melaporkan. Meskipun tidak diketahui dari mana jet-jet AS tersebut beroperasi, terdapat kapal induk Angkatan Laut AS dan pesawat berbasis darat yang berada dalam jangkauan wilayah tersebut.

Biden mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa AS siap membantu membela Israel dari serangan Iran.

“Untuk mendukung pertahanan Israel, militer AS memindahkan pesawat dan kapal perusak pertahanan rudal balistik ke wilayah tersebut selama seminggu terakhir,” kata presiden AS dalam sebuah pernyataan.

“Berkat pengerahan ini dan keterampilan luar biasa dari anggota militer kami, kami membantu Israel menghancurkan hampir semua drone dan rudal yang masuk,” kata Biden.

Inggris mengatakan pihaknya juga siap melakukan intervensi dengan menggunakan pesawat Royal Air Force yang dimilikinya di wilayah tersebut.

“Jet-jet Inggris ini akan mencegat setiap serangan udara dalam jangkauan misi kami yang ada, sesuai kebutuhan,” kata pernyataan Kementerian Pertahanan.

Juru bicara militer Israel juga mengatakan Prancis terlibat dalam memblokir serangan Iran.

“Kami bekerja sama dengan AS, Inggris, dan Prancis yang bertindak malam ini. Kemitraan ini selalu erat, namun malam ini terwujud dengan cara yang tidak biasa,” kata juru bicara tersebut.

Sistem Iron Dome Israel telah sering menjadi berita utama sejak negara tersebut memulai serangan militernya di Gaza sebagai tanggapan terhadap serangan Hamas pada tanggal 7 Oktober di Israel yang memicu permusuhan saat ini di wilayah tersebut.

Iron Dome adalah lapisan terbawah pertahanan rudal Israel, menurut Organisasi Pertahanan Rudal (IMDO) negara tersebut.

Setidaknya ada 10 baterai Iron Dome di Israel, masing-masing dilengkapi dengan radar yang mendeteksi roket dan  kemudian menggunakan sistem komando dan kontrol yang dengan cepat menghitung  apakah proyektil yang masuk menimbulkan ancaman atau kemungkinan besar akan mengenai wilayah yang tidak berpenghuni. Jika roket tersebut menimbulkan ancaman, Iron Dome akan menembakkan rudal dari darat untuk menghancurkannya di udara. (Amr-untuk Indonesia)