Sunday, 21 December 2025

Raffi Ahmad Pecahkan Rekor Transaksi Hampir Rp 7 Miliar dalam 12 Jam

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

lognews.co.id, Raffi Ahmad sukses memecahkan rekor pendapatan penjualan live streaming tertinggi selama kampanye 7.7 Shopee Live Bombastic Sale pada Jumat, 7 Juli 2023.

Dalam sesi 12 jam nonstop, Raffi membukukan transaksi senilai hampir Rp 7 miliar. Suami dari Nagita Slavina ini mengucapkan terima kasih kepada pengguna Shopee yang disebut "Sobat Shopee" telah berpartisipasi dalam sesi Live Bareng Toko Papa Raffi di Shopee Live 12 Jam. Shopee Live 12 Hours adalah bagian dari puncak kegembiraan kampanye 7.7 Shopee Live Bombastic Sale. “Total penjualan dari TokoPapaRaffi mencapai hampir Rp 7 miliar. Sini saya tunjukin. Lihat ini, Wuuuhuuuw, top, awesome, the best! Alhamdulillah hampir Rp 7 miliar. Terima kasih banyak guys. terima kasih Belanja di Shopee Live paling murah, dan Shopee Live menawarkan diskon 50% untuk semuanya! Shopee benar-benar top, awesome, the best," ujar Raffi Ahmad seperti dikutip dari postingan video di akun Instagramnya @raffinagita1717 pada Senin, 10 Juli 2023.

Pada puncak kampanye 7.7 Shopee Live Bombastic Sale, pengguna setia Shopee yang juga penggemar RANS terlihat antusias mengikuti sesi live streaming. Antusiasme ini bukan tanpa alasan. Sepanjang sesi live, Raffi aktif berinteraksi dengan pengguna Shopee. Ia menggunakan kalimat-kalimat yang catchy seperti "Toko Papa Raffi Paling Terjangkau!", "Toko Papa Raffi Paling Bombastis!", dan "Checkout, Checkout, Checkout!" untuk menarik perhatian Sobat Shopee dan mendorong mereka menyelesaikan transaksinya. Sebagai seorang ayah, Raffi antusias menjelaskan deskripsi produk, membaca komentar, dan menjawab pertanyaan pengguna Shopee. Interaksi ini, dikombinasikan dengan promosi yang disediakan, memungkinkan Raffi menduduki peringkat teratas di antara Shopee Live Streamer dan mencetak rekor pendapatan di Shopee Live. Berdasarkan data yang diterima Kompas.com, kategori pakaian dan kecantikan menjadi favorit pengguna Shopee dan paling banyak dicari. Transaksi pada kedua kategori tersebut mengalami peningkatan yang signifikan. Produk kecantikan favorit yang dibeli selama Shopee Live antara lain pelembab, lipstik, dan alas bedak. Di sisi lain, tas, sepatu, dan kemeja merupakan produk yang paling banyak dibeli melalui live shopping.

Top of mind untuk konsumen Indonesia

Tak bisa dipungkiri, kolaborasi Raffi Ahmad dan Shopee menjadi daya tarik utama selama kampanye 7.7. Selain kerjasama tersebut, Shopee sendiri dikenal sebagai platform e-commerce dengan jumlah pengunjung terbanyak, seperti yang dilansir dari data Similar Web per Selasa, 11 Juli 2023, dengan 173,9 juta kunjungan. Jumlah ini melampaui Tokopedia dengan 106 juta kunjungan dan Lazada dengan 70,4 juta kunjungan. Riset yang dilakukan Snapcart berjudul "Trends in Online Shopping Behavior for Ramadan 2023" yang diterbitkan pada Maret 2023 juga menunjukkan hasil serupa.

Riset mengungkapkan bahwa berdasarkan indikator Brand Use Most Frequent (BUMO), 61% responden memilih Shopee sebagai platform yang paling sering digunakan. Diikuti oleh Tokopedia (22%), TikTok Shop (9%), dan Lazada (7%). Selanjutnya, berdasarkan indikator Top of Mind yang mengukur brand pertama yang terlintas di pikiran, Shopee juga menduduki peringkat pertama dengan skor 70%, disusul Tokopedia (22%), Lazada (5%), dan TikTok Shop (2 %). Dari segi nilai transaksi bruto, Shopee masih memimpin di antara platform lainnya. Menurut laporan "E-Commerce Southeast Asia 2023" oleh Momentum Works, Shopee memiliki hampir 11 kali nilai transaksi bruto TikTok Shop, Shopee Live mengungguli TikTok Live

 

Khusus live shopping, Shopee juga mengungguli pesaingnya, TikTok Live. Laporan Populix bertajuk “Memahami Ekosistem Belanja Live Streaming di Indonesia” mengungkapkan bahwa 69% responden memilih Shopee Live sebagai fitur live streaming yang paling sering digunakan, sementara hanya 25% yang memilih TikTok Live. Dalam riset yang sama, kategori produk yang paling banyak dibeli di Shopee adalah fashion dan aksesoris (85%), kecantikan, perawatan, dan kesehatan (54%), dan gaya hidup (41%). Selain itu, kebutuhan rumah tangga (33%), produk harian/FMCG (32%), elektronik (25%), dan kebutuhan ibu dan anak/bayi (16%) juga populer. Riset Populix juga menemukan bahwa Shopee Live adalah fitur live streaming yang paling disukai untuk membeli produk fashion dan kecantikan. Untuk kategori fashion, 79% responden menggunakan Shopee Live, sedangkan TikTok Live sebagai pendatang baru, digunakan oleh 44% responden. Tren yang sama diamati untuk produk kecantikan, dengan 71% pengguna memilih Shopee Live dibandingkan dengan 51% untuk TikTok Live. Shopee Live juga menjadi pilihan utama bagi 66% responden dalam hal fitur streaming langsung, sedangkan TikTok Live hanya mencapai 28%. (red)