PEMILU
Sunday, 22 September 2024

Di Demo Karna Krisis Ekonomi Memburuk, 13 Juli Gotabaya Rajapaksa Akan Lengser

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Lognews201.com,   Kolombo, Sri Lanka    -    Suasana kota kolombo yang dipenuhi pendemo mendesak kemunduran presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa.

Sebelumnya pada hari itu, Rajapaksa dievakuasi dari istana kepresidenan di Kolombo, sebelum ribuan pengunjuk rasa menyerbu gedung itu, menuntut pengunduran dirinya.

Siaran langsung Facebook dari dalam rumah presiden menunjukkan ratusan pengunjuk rasa memadati ruangan dan koridor, meneriakkan slogan-slogan menentang pemimpin berusia 73 tahun yang terkepung itu. Rekaman pengunjuk rasa berdiri dan beberapa orang mandi di kolam renang di dalam rumah presiden beredar luas di media sosial.

Presiden Sri Lanka Gotabaya Rajapaksa telah setuju untuk mundur minggu depan, kata seorang pejabat, setelah pengunjuk rasa menyerbu istana kepresidenan dan membakar rumah perdana menteri untuk melampiaskan kemarahan mereka atas krisis ekonomi yang memburuk.

Ketua Parlemen Mahinda Yapa Abeywardena mengatakan dalam sebuah pernyataan yang disiarkan televisi pada hari Sabtu bahwa Rajapaksa telah setuju untuk mengundurkan diri pada 13 Juli.Para pengunjuk rasa menyerbu kediaman resmi presiden di ibu kota Sri Lanka, Kolombo, setelah bentrok dengan polisi dan menerobos penghalang. Pawai tersebut adalah demonstrasi terbesar di negara itu setelah ribuan orang menyerukan agar presiden mengundurkan diri di tengah krisis ekonomi yang besar

adik mantan Presiden Sri Lanka Mahinda Rajapaksa ,Gotabaya Rajapaksa  punya peranan dalam penumpasan pemberontakan separatis Macan Tamil dengan jabatannya sebagai panglima yang memimpin strategi militer berhasil mengakhiri perang saudara yang telah berlangsung lama di negara itu dan kemudian menjadi presiden, tampaknya akan dipaksa turun dari jabatannya setelah berbulan-bulan di protes oleh rakyatnya.

Setelah penyerbuan dramatis kediaman resmi presiden oleh ribuan pengunjuk rasa pada hari Sabtu, ketua parlemen mengatakan dalam sebuah pernyataan video bahwa Rajapaksa telah memberitahunya bahwa dia akan mundur pada 13 Juli.    (Amr)