PEMILU
Friday, 20 September 2024

Lawrence Wong Dilantik Menjadi PM Singapura

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

lognews.co.id, Singapura: Singapura memiliki perdana menteri baru hari ini. Lawrence Wong akan dilantik, Rabu (15/5/2024) malam, menggantikan Lee Hsien Loong yang sudah berkuasa selama 20 tahun.

Wong menjadi perdana menteri keempat Singapura sejak negara itu berdiri. Ini setelah memisahkan diri dari Malaysia 60 tahun silam.

Transfer kepemimpinan dari Lee kepada pria 51 tahun itu terbilang mulus. Lee pada tahun lalu mengumumkan bahwa Wong, saat itu menjabat wakil perdana menteri merangkap menteri keuangan, akan menggantikannya.

Jabatan menteri keuangan akan tetap dirangkap Wong setelah dilantik sebagai perdana menteri nanti. Wong diangkat menjadi pemimpin 4G atau generasi keempat oleh partai berkuasa Partai Aksi Rakyat (PAP). 

Pemimpin 4G secara tradisi politik di Singapura berarti calon perdana menteri. Lee (72) sebenarnya sudah berniat mundur sejak lama atau sebelum menginjak usia 70 tahun, namun saat itu Singapura dan global dilanda pandemi Covid-19.

Saat itu Lee sebenarnya tidak menunjuk Wong. Namun orang yang dibidik mengundurkan diri pada 2021 dengan alasan posisi sebagai pemimpin 4G lebih pantas diisi orang yang lebih muda.

Setelah lengser Lee tak akan meninggalkan dunia politik. Putra dari pendiri Singapura Lee Kwan Yew itu akan menjadi menteri senior di kabinet Wong. (Amr-untuk Indonesia)