PEMILU
Saturday, 28 September 2024

Presiden Jokowi Ajak Investor Singapura Menanam Modal di Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

lognews.co.id, Presiden Indonesia, Joko Widodo atau Jokowi, berbicara tentang rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dalam acara Ecosperity Week di Singapura pada Rabu (7/6/2023). Dalam pidatonya, Presiden Jokowi mengajak para investor Singapura untuk menanamkan modal pada pembangunan IKN Nusantara di Kalimantan.

"Nusantara will be a comfortable city to live in and to do business. I know housing prices here have risen very high (Nusantara akan menjadi kota yang nyaman untuk ditinggali dan berbisnis)," kata Jokowi dalam pidatonya di Ecosperity Week di Singapura yang disiarkan melalui kanal YouTube Setpres, Rabu (7/6/2023).

Jokowi juga menyampaikan bahwa pembangunan IKN saat ini sedang berlangsung dan infrastruktur dasar serta pusat pemerintahan diperkirakan akan selesai pada tahun depan dengan menggunakan anggaran nasional.

"Dalam fase awal, kami telah menyiapkan 300 paket investasi dengan total nilai USD2,6 miliar dalam berbagai bidang, seperti perumahan, transportasi, energi, teknologi, dan lainnya," jelas Jokowi.

Presiden Jokowi mengajak warga Singapura untuk tinggal di IKN, mengingat infrastruktur dasar dan pusat pemerintahan di IKN akan selesai pada tahun depan.

"Maybe, living in Nusantara can become an option (Mungkin, tinggal di Nusantara bisa menjadi opsi)," ujar Jokowi.

Selain mengundang warga Singapura untuk tinggal di IKN, Jokowi juga mengajak mereka untuk berinvestasi di Indonesia. Jokowi menjamin bahwa pemerintah Indonesia memberikan berbagai macam insentif kepada para investor, termasuk tax holiday, non-collected value-added tax, super deduction tax, dan pengurangan bea masuk. Khususnya, investasi di sektor industri energi hijau dan industri hijau lainnya.

"Ladies and gentlemen, what else are you waiting for? (Bapak dan Ibu, apa lagi yang Anda tunggu?)" katanya.

Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan bahwa berdasarkan survei Edelman Trust Barometer, kepercayaan publik dalam menjalankan bisnis di Indonesia berada pada level tinggi, menempati peringkat kedua setelah China. Dia juga menekankan bahwa perekonomian Indonesia terus tumbuh secara konsisten di tengah ketidakpastian global.

 

"Social political stability has been stable. Now all remains for you to jump on the boat and join with us together to become a multi-trillion dollar economy. So I suggest you, don't wait too long. Don't just sit and watch. This is a golden opportunity that is very captivating in Indonesia which all of you can be part of (Stabilitas sosial politik telah stabil. Sekarang tinggal Anda melompat ke atas kapal dan bergabung bersama kami untuk menjadi ekonomi multi-triliun dolar. Jadi saya sarankan Anda, jangan menunggu terlalu lama. ujar jokowi. (rifAI)