PEMILU
Tuesday, 24 September 2024

Aksi Pembakaran Alquran di Denmark Dibiarkan Oleh Petugas Keamanan Denmark

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Lognews201.com, Jakarta  -  Aksi pembakaran kitab suci di Denmark mendapat perlindungan dari otoritas kepolisian Swedia, kejadian berada di dekat gedung Kedutaan Besar Turki, di Stockholm, dengan melakukan aksi membakar salinan Alquran saat aksi menentang Turki yang menolak permintaan Swedia untuk bergabung dengan NATO sebagaimana laporan Anadolu, Sabtu (23/01/2023).

Pembakaran Alquran dilakukan Rasmus Paludan, pemimpin partai kecil sayap kanan Denmark bernama Steam Kurs (Garis Keras).

Polisi Swedia bukannya mencegah pembakaran Al-Quran tapi justru menjaga keamanan saat aktivis membakar kitab suci umat Islam tersebut

Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu mencap pembakaran Alquran sebagai "kejahatan kebencian" dan mendesak pihak berwenang Swedia menghentikan Paludan.

Politisi Fraksi PKS Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari mengutuk keras Pemimpin partai sayap kanan Denmark Stram Kurs, Rasmus Paludan, yang melakukan pembakaran Alquran di Stockholm, Swedia.

Abdul Kharis juga meminta agar Umat Islam di Indonesia tidak terprovokasi dan tetap mengedepankan Islam yang rahmatan lil ‘alamin. Selain itu, ia juga mendorong pemerintah RI

 “Saya sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR RI mengutuk keras tindakan provokatif ini, yang jelas (tindakan pembakaran Alquran ini) merupakan kejahatan kebencian terhadap kemanusian, terhadap keyakinan Umat Islam di seluruh dunia,” tegas Kharis dalam keterangan pers tertulis yang diterima Parlementaria, Minggu (22/01/2023).

Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson  Kristerson mengatakan tidakan tersebut adalah tindakan ketidak sopanan, namun tidak mengatakan tindakan tersebut sebagai pelanggaran.

 “Kebebasan berekspresi adalah bagian mendasar dari demokrasi. Tapi apa yang legal, belum tentu sesuai. Membakar buku yang suci bagi banyak orang adalah tindakan yang sangat tidak sopan,” kata Ulf Kristersson, dilansir dari AFP, Senin (23/1/2023) (Amr-untuk Indonesia)