PEMILU
Tuesday, 24 September 2024

Natal Membeku -45 celcius, Akibat Badai "Bom Siklon" Di Amerika Serikat

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Lognews201com, Ganggu penerbangan dan perlintasan jalan raya, Suhu dingin ekstrim di Amerika juga bekukan lautan dan memadamkan listrik.
Dikutip dari Times, pada sabtu (24/12/2022), pemadaman listrik melanda negara itu, yang paling parah menimpa Carolina Utara dengan lebih dari 477.000 rumah tangga, bisnis, dan pelanggan listrik lainnya tidak tahu apa-apa.


Pemadaman listrik yang lazim di AS bagian Timur disertai dengan angin kencang yang mengancam akan menjatuhkan kabel listrik, pohon, dan bangunan lainnya.
Bobot salju dan hawa dingin yang akut juga membuat kabel listrik menjadi kaku dan teknisi kesulitan mencapai tujuan mereka untuk perbaikan.
Negara bagian Amerika Serikat, Tennessee, Maine, Carolina Tenggara, dan New York masing-masing memiliki lebih dari 70.000 pelanggan yang mengalami pemadaman, sedangkan jaringan listrik di Timur Laut paling menderita.


Bandara Seattle ditutup dan dibuka kembali setelah landasan pacu harus dihilangkan esnya. Hingga Sabtu pagi, lebih dari 1.700 penerbangan dibatalkan secara nasional.


Ahli meteorologi Minnesota Sven Sundgaard menyarankan penduduk setempat untuk terus memeriksa prakiraan cuaca terbaru menjelang rencana perjalanan. “Melakukan perjalanan selama badai salju yang sudah berbahaya adalah satu hal, tetapi kemudian Anda menambahkan angin dingin dan udara dingin yang ekstrem ini dan itu benar-benar dapat menjadi situasi yang berbahaya,” katanya.


Setidaknya tercatat ada 15 kematian, mayoritas kematian berasal dari kecelakaan kendaraan di jalan berbahaya.
Jutaan orang Amerika telah diperingatkan untuk bersiap menghadapi siklon bom dengan kondisi badai salju, angin menggigil, dan suhu turun hingga -45,6C (-50,1F) - cukup dingin untuk mengalami radang dingin dalam waktu kurang dari lima menit.


Menurut polisi Kansas saat berpatroli, Korban badai lainnya termasuk orang-orang dengan keadaan darurat medis yang tidak dapat dijangkau oleh tenaga medis tepat waktu karena badai.

merlin 197236335 3c9cf5b9 6834 4e8f a69c 11fefc397d99 articleLarge
Menurut Gubernur Andy Beshear menjaga untuk tetap dirumah adalah sebuah pilihan untuk mengamankan warganya. “Hindari jalanan. Belanja di detik-detik terakhir tidak sepadan jika itu akan mengorbankan nyawa Anda, ”kata Beshear pada briefing pada hari Jumat setelah melaporkan dua kematian akibat kecelakaan mobil dan kematian orang yang tidak memiliki rumah.

 

Badai secara resmi telah mencapai kriteria bom-siklon—istilah meteorologi yang berarti bahwa tekanan topan turun 24 milibar (satuan tekanan) dalam waktu 24 jam.


Siklon bom atau "bom cuaca" adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan area bertekanan rendah dengan waktu yang sangat cepat.
Presiden Biden bertemu dengan pejabat Layanan Cuaca Nasional dan FEMA dan mendorong orang Amerika untuk "menghadapi badai ini dengan sangat serius".
“Ini tidak seperti hari bersalju saat Anda masih kecil,” kata Biden Kamis pagi di Oval Office. "Ini hal yang serius." Ujar biden. (Amr-untuk Indonesia)