PEMILU
Monday, 23 September 2024

Korban Heloween Itaewon Bertambah, Jadi Tragedi Perdana yang Tewaskan 154 orang

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Lognews201.com, Jakarta- Petaka tidak bisa dihindari, bisa kapan saja dan dimana saja, dan dalam situasi apapun, siapa mengira jika sebuah pesta tahunan berubah jadi sesuatu yang menakutkan usai kawasan kelab dan bar di Itaewon, Soul, Korea Selatan, diserbu warga yang mencapai ratusan pada Sabtu(29/10).

Kejadian itu mengakibatkan ratusan orang tewas dan luka.
 
Proses penyelidikan sedang diproses diperintahkan oleh Presiden Kiresa Selatan Yoon Suk Yeol untuk mencari tahu apa penyebabnya sehingga terjadi kejadian seperti ini, berharap tidak terulang lagi di masa yang akan datang dan disaat yang sama Yoon mendeklarasikan masa berkabung mulai Minggu hingga Sabtu mendatang dan bendera setengah tiang dikibarkan, begitu juga dengan kantor pemerintahan diminta untuk ditutup.
 
Diketahui penyebabnya bahwa setelah sekian tahun terhalang pandemi Covid -19, warga ingin menikmati perayaan perdana Helloween dengan menggunakan baju horor dan saking antusiasnya mereka berbondong-bondong mulai memadati kawasan Itaewon.
Tak disangka warga makin membludak hingga pukul 22.20 waktu setempat dan itu makin bertambah parah disalah satu jalan menany dan sempit, dan di saat itu warga yang sudah ada di atas jalan tidak disangka terjatuh menimpah dan menindih orang di bawahnya, dalam keadaan panik mereka saling injak, petugas yang ada di area tersebut harus mengeluarkan mereka dari kerumunan dengan susah payah. 
 
Korban berjatuhan di jalanan dan ada yang mengalami henti jantung dan beberapa petugas datang melakukan pertolongan pertama dengan teknik CPR di tengah kerumunan dan kericuhan massa.
 
Kini korban bertambah dan mencapai 154 orang yang dinyatakan tewas dan 26 orang warga asing dan hingga Minggu (30/10) jumlah korban sudah terkonfirmasi dan tercatat sebanyak 154 orang  oleh Kementerian Dalam Negeri dan Kemaman Korea Selatan dan dari jumlah tersebut ada 14 dari 14 negara.
 
Dilansir CNN Indonesia, dalam tragedi Halloween Itaewon, ada tiga personel militer Korea Selatan yang juga tewas dan empat lainnya luka dalam, bahkan dari kalangan selebritis, kontestan Produce 101 Season 2 Lee Ji-han juga menjadi korban tragedi Helloween Itaewon  (Dunkz/Anr-Untuk Indonesia)