PEMILU
Friday, 20 September 2024

Begini Cara Mengatasi Kaki Bau di Musim Hujan

User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

lognews.co.id - Hari ini hampir sebagian wilayah Indonesia terkena musim Hujan. Genangan air berada dimana-mana dan membuat sepatu yang dipakai menjadi basah dan lembab.

Dokter spesialis kulit, kelamin, dan estetik Arini Widodo, SM,SpDVE menjelaskan bau kaki biasanya muncul saat keadaan yang lembab, sehingga dapat menumbuhkan jamur dan bakteri pada kaki. Kunci utama untuk mengatasinya adalah dengan menjaga kebersihan kaki pada kulit.

"Gabungan keringat dan mikroorganisme ini, terutama dalam ruang sepatu yang hangat dan terbatas, menghasilkan bau tidak enak. Penguraian keringat oleh bakteri menghasilkan asam organik, yang lebih lanjut berkontribusi pada bau khas tersebut," ujarnya

Saat sedang memakai sepatu dikeadaan yang lembab sebaiknya segera melepasnya, karena itu dapat menyebabkan kulit kaki bermasalah dan menimbulkan bau tak sedap.

Lalu bagaimana mengatasi bau kaki di musim hujan?

Dikutip dari CNNIndonesia.com ini beberapa cara yang bisa kita lakukan agar kulit kaki tetap terjaga:

1.) Rutin Cuci Kaki

Untuk mempermudah mengatasi bau kaki yaitu dengan menjaga kebersihan kaki, caranya itu mencuci kaki setiap hari menggunakan sabun dan air

2.) Selalu Keringkan Kaki

Untuk menghindari kelembapan pada kulit yang menyebabkan tumbuhnya jamur, sebaiknya kita selalu ingat dengan mengeringkan kaki yang basah pada saat kaki kita sedang basah.

3.) Memilih Sepatu Yang Sesuai Dengan Ukuran

Memilih sepatu juga sangat penting seperti sepatu berbahan kulit, jala-jala,atau sepatu yang berventilasi juga dapat memfasilitasi udara untuk lewat dari celah sepatu.

Pastikan sepatu yang akan digunakan bersih.

4.) Memeriksa Bahan Kaos Kaki

Dengan bahan kaos kaki yang berbeda beda, kita juga harus memilah kaos kaki yang akan digunakan saat musim hujan supaya tidak membuat kelembapan pada kulit

5.) Lepas Sepatu Di Waktu Tertentu

Rehat diwaktu tertentu tanpa  sepatu di area berventilasi baik, dan pengolahan keringat yang berlebihan juga langkah tambahan untuk mengatasi bau kaki yang disebabkan oleh kelembapan pada kulit.

"Penting juga untuk periksa kaki secara teratur untuk tanda-tanda infeksi jamur atau kelainan lain, dan segera konsultasikan dengan dokter jika ada yang dikhawatirkan," Kata dr Arini.

(Ismi)