PEMILU
الجمعة، 20 أيلول/سبتمبر 2024

8 Kesenian Bekasi yang Perlu dilestarikan

تقييم المستخدم: 1 / 5

تفعيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجوم
 

lognews.co.id, Bekasi – Bekasi merupakan kota besar yang berada di Jawa Barat, selain dikenal dengan komplek industrinya, Bekasi juga memiliki kekayaan budaya dan kesenian yang perlu dilestarikan oleh masyarakat Bekasi khususnya Gen Z sebagai penerus Bangsa.

Berikut ini kesenian yang ada di Kota Bekasi yang penting untuk kita ketahui :

1.            Lenong

Lenong yang merupakan perpaduan antara kesenian Gambang Kromong dengan lawakan, atau disebut pula teaterisasi dari Gambang Kromong.

Kata Lenong? konon diambil dari nama seorang pedagang China yang bernama Lien Ong, dikuatkan dengan cerita rakyat yang mengatakan, seseorang yang bernama Lien Ong ini biasa menggelar pertunjukan teater yang kini disebut lenong untuk menghibur masyarakat dan khususnya dirinya beserta keluarganya, pada saat itu merupakan masa masa Lenong Betawi berkembang, paling tidak sejak awal abad ke-20.

2.            Topeng Bekasi

Topeng Bekasi, merupakan salah satu jenis kesenian Bekasi yang relatiif masih tetap eksis dan masih banyak penggemarnya, seni Topeng Bekasi sudah ada sejak Indonesia merdeka, brdasarkan pada sejarah berdirinya, Tari Topeng Bekasi masih sama dengan Topeng Betawi, bedanya hanya pada bahasa pengantar saat pementasan.

Topeng Bekasi memakai Bahasa Betawi dan bercampur dengan Bahasa Bekasi, unsur seni yang terdapat di Topeng Bekasi ini adalah unsur seni musik , suara , lawak serta percampuran drama.

Unsur tari di langsungkan pada saat pembukaan acara yang di isi tarian, unsur seni musiknya di perdengarkan pada awal hingga akhir acara.

Unsur seni suara yang terdapat di tengah tengah acara, dan unsur lawaknya di bungkus oleh unsur drama yaitu muncul secara spontan disetiap babak acara pementasan.

3.            Tanjidor

Tanjidor merupakan musik atau orkes rakyat Betawi yang menggunakan alat musik barat terutama alat musik tiup, biasa disingkat tanji, artinya menabuh.

gambang kromo

4.            Gambang Kromong

Kesenian, masyarakat Betawi mempunyai sebuah musik tradisional yang dinamakan Gambang Kromong. Secara etimologi Gambang Kromong berasal dari penyebutan alat musik yang dipergunakan yaitu Gambang dan Kromo.

gamelan ajeng

5.            Gamelan ajeng

Gamelan Ajeng merupakan salah satu musik folklorik (Jenis musik yang khas mendayu, ringan dan disertai lirik puitis) di wilayah Betawi

6.            Rebana

Kesenian Rebana merupakan salah satu kesenian yang bernafaskan Islam keberadaannya sangatmelekat pada pola kehidupan masyarakat

7.            Wayang Golek

ayang golek merupakan seni pertunjukan tiga dimensi berbahan dasar kayu yang diukir menyerupai manusia, kemudian didandani dengan kain-kain

ujjungan

8.            Permainan Rakyat (Pencak Silat dan Ujungan)

Tarian Ujungan sendiri ditata oleh Eyang Anjar Purwani dari Sanggar Seni Kusuma yang dikembangkan dari silat atau permainan tradisional ujungan.

(Sarjono - untuk Indonesia)